Kompas TV nasional rumah pemilu

Diminta Jadi Bakal Cawapres Anies, Demokrat Tak Cantumkan Nama AHY Jadi Caleg di Pemilu 2024

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 16:09 WIB
diminta-jadi-bakal-cawapres-anies-demokrat-tak-cantumkan-nama-ahy-jadi-caleg-di-pemilu-2024
Anies Baswedan bersama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kantor Demokrat, Kamis, kemarin (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY tak didaftarkan sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024.

Hal ini lantaran agar kader partai berlambang bintang mercy itu dipilih menjadi bakal cawapres Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Mas AHY tidak masuk daftar calon anggota legislatif. Dari sejak terpilih di kongres, positioning Mas AHY adalah sebagai ketua umum untuk mengantarkan Partai Demokrat kembali memenangkan Pemilu 2024, baik pilpres maupun pileg," kata Deputi Badan Litbang Partai Demokrat Syahrial Nasution seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: AHY Klaim Koalisi Bebaskan Anies Baswedan Pilih Pendamping, Asal Bawa Kemenangan

Menurut dia, AHY berhasil menaikkan elektabilitas Partai Demokrat, membangun konsolidasi partai, hingga menyatukan Demokrat dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

Sementara itu, kata dia, AHY juga diusulkan oleh Demokrat untuk maju sebagai bakal cawapres Anies, sehingga tidak mengikuti pileg. 

"Demokrat sebagai bagian dari koalisi memang sejak awal mengusulkan Mas AHY sebagai cawapres-nya Anies. Namun menyerahkan keputusannya kepada Anies sesuai komunikasi yang berjalan di tim kecil koalisi selama ini," ujar Syahrial.

Sebelumnya, AHY menyatakan bahwa dirinya menyerahkan kepada Anies untuk memilih bakal cawapresnya di pesta demokrasi nanti.

"Kami ingin terus membangun komunikasi yang semakin intensif, baik yang dilakukan secara langsung oleh tim kecil. Dan tentunya semua kami sudah serahkan kepada bacapres kita, Mas Anies Baswedan, sesuai dengan piagam kesepakatan yang telah ditandatangani oleh ketiga partai," ujar AHY saat ditemui di Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023). 

AHY menyampaikan, pada intinya, piagam kesepakatan itu memberikan kewenangan penuh kepada Anies untuk memilih Cawapres 2024.

Hal yang jelas, cawapres itu harus bisa membawa kemenangan bagi Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

Baca Juga: Surya Paloh Akui Koalisi Parpol Pro Anies Kerap Diganggu: Karena Dikhawatirkan, Ada Sesuatu

"Yang intinya kita memberikan kewenangan secara penuh kepada Mas Anies untuk menentukan, memilih pada saatnya cawapres yang memenuhi kriteria-kriteria yang kita harapkan bisa membawa kemenangan untuk Koalisi Perubahan," katanya.


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x