Kompas TV nasional rumah pemilu

Serahkan Penentuan Bakal Cawapres ke Anies, AHY: Kita Harap yang Bisa Bawa Kemenangan

Kompas.tv - 7 Mei 2023, 16:42 WIB
serahkan-penentuan-bakal-cawapres-ke-anies-ahy-kita-harap-yang-bisa-bawa-kemenangan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kanan) dan bakal calon presiden koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan (kiri) di Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2023).  AHY menyerahkan sepenuhnya penentuan bakal cawapres ke Anies Baswedan. (Sumber: Humas DPP Partai Demokrat. )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali angkat bicara terkait sosok bakal calon wakil presiden atau Cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Dia mengaku, penentuan bakal cawapres telah diserahkan sepenuhnya kepada bakal calon presiden (capres) koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan.

Hal ini disampaikan AHY saat menghadiri acara deklarasi Relawan Amanat Nasional (Anies), di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

"Tentunya semua sudah kita serahkan kepada bakal capres kita, Anies Baswedan. Ini sesuai dengan piagam kesepakatan yang telah ditandatangani ketiga partai," katanya.

Adapun piagam kesepakatan tersebut memberikan kewenangan penuh kepada Anies untuk memilih cawapres Pilpres 2024 mendatang.

Kendati demikian, AHY berharap Anies dapat memilih sosok bakal cawapres yang dapat membawa kemenangan di Pilpres 2024.

Baca Juga: Pengamat: Pertemuan Cak Imin dengan AHY Bagus, yang Bahaya Manuver Hukum Moeldoko

"Kita serahkan secara penuh kepada mas Anies untuk menentukan, memilih calon wakil presiden yang memenuhi kriteria-kriteria yang kita harapkan benar-benar bisa membawa kemenangan untuk koalisi perubahan," tegasnya.

Saat disinggung terkait telah berapa nama yang mengerucut untuk mendampingi Anies, AHY mengaku masih enggan membicarakan hal tersebut.

Yang jelas, lanjut AHY, sosok cawapres pendamping Anies diharapkan juga bisa membuat koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari Parta Demokrat, PKS, dan NasDem semakin solid.

"Saya tidak ingin bicara di situ, yang jelas kami meyakini pada akhirnya akan ditentukan cawapres yang juga benar-benar bisa menambah kans kemenangan dan sekaligus bisa membangun koalisi solid ke depan," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto mengungkapkan, saat ini sudah ada lima kandidat calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Meski begitu, Sugeng masih belum mau membeberkan lima nama sosok cawapres Anies tersebut.

"Sekarang saya kuantisir saja sekarang sudah ada lima kandidat tapi bahwa siap suaranya sekali lagi secara etik tidak disebut di sini," ujar Sugeng, Rabu (3/5/2023), dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Ganjar, Prabowo, dan Anies Incar Bacawapres, Siapa yang akan Dipilih oleh Mereka?




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x