Kompas TV nasional rumah pemilu

Megawati: Ada Beberapa Parpol Melobi Puan untuk Bertemu

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 19:34 WIB
megawati-ada-beberapa-parpol-melobi-puan-untuk-bertemu
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat jumpa pers di kantor DPP PDIP, Minggu (30/4/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

BADUNG, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan  sejumlah partai politik (parpol) telah melobi Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk menggelar pertemuan.

"Nah, ini memang saya sudah dengar ada beberapa yang sudah meminta, melobi Mbak Puan, untuk bisa bertemu. Saya bilang, ya, nanti direncanakan, silakan," kata Megawati kepada wartawan di Badung, Bali, Jumat (5/5/2023), dikutip dari Antara.

Hal itu diungkapkan Megawati saat ditanya mengenai kemungkinan membangun komunikasi dengan parpol lainnya usai menggelar pertemuan dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dia kembali menegaskan PDIP selalu terbuka untuk membangun kerja sama politik dengan partai politik lain, meskipun sudah dapat mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pilpres 2024 karena telah melebihi presidential threshold atau ambang batas untuk mencalonkan capres.

Baca Juga: Megawati Penuh Senyum Usai Hadiri Pertemuan dengan Ketum Parpol

Seperti diketahui, berbagai parpol telah membangun kerja sama politik untuk mencapai presidential threshold 20 persen agar bisa mengusung capres pada Pilpres 2024.

PDIP yang sudah mencapai presidential threshold, tidak perlu menjalin koalisi untuk bisa mengusung capres. Namun, Megawati terus mendorong partainya untuk membangun kerja sama.

"Saya sudah memberikan sebuah keleluasaan siapa yang akan, istilahnya, bersama kami. Saya selalu bilang bekerja sama. Nah, ternyata kan itu PPP yang paling pertama," ujar Megawati.

Pada Minggu (30/4/2023) lalu, Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menyerahkan hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) partainya yang secara resmi memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres, kepada Megawati.

Penyerahan hasil rapimnas itu merupakan bukti resmi terbentuknya kerja sama politik antara PDIP dan PPP setelah kedua pimpinan parpol itu bertemu di kantor PDIP, Jakarta, Minggu lalu.

Baca Juga: Megawati Minta Polisi Insaf: Saya Kesal Lihat Kasus Sambo hingga Achiruddin


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x