Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Mungkin Ada Skenario yang Hanya Ingin 2 Calon di Pilpres

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 19:28 WIB
pengamat-mungkin-ada-skenario-yang-hanya-ingin-2-calon-di-pilpres
Ujang Komaruddin dalam Kompas Petang, Kamis (3/5/2023), menyebut kunjungan Muhaimin Iskandar ke Cikeas, Jawa Barat, untuk menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan SBY merupakan hal positif. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diduga terdapat skenario yang menginginkan hanya dua pasang calon presiden-wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dugaan itu diungkap pengamat politik dari Universitas Al Azhar Jakarta Ujang Komaruddin, dalam tayangan Program Kompas Petang, Kamis (4/5/2023).

Awalnya Ujang menjawab tentang kemungkinan penggabungan Koalisi Perubahan dengan Gerindra dan PKB.

Menurutnya, kemungkinan itu ada, tapi jika salah satu partai politik di Koalisi Perubahan mundur, maka Anies Baswedan tidak bisa mencalonkan diri sebagai capres.

“Mungkin saja, tapi kalau itu terjadi, misalkan Demokratnya keluar gitu ya dari Koalisi Perubahan, kan Aniesnya tidak bisa jadi nyapres,” kata Ujang.

“Mungkin ada skema-skema atau skenario-skenario yang ingin dua pasangan presiden atau dua poros, all president’s men, atau all Jokowi’s men, itu mungkin saja.”

Baca Juga: Apakah Pertemuan Cak Imin-AHY atas Sepengetahuan Gerindra? PKB: Silaturahmi Tidak Harus Laporan

Oleh sebab itu, lanjut Ujang, mungkin saja kedatangan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan bagian dari skenario itu.

“Makanya tadi, mungkin goda-menggoda itu, rayu-merayu itu bagian dari skenario itu. Tapi, dalam konteks koalisi semuanya bisa terjadi.”

Menanggapi hal itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda, yang juga menjadi narasumber dalam dialog tersebut, membantahnya.

Baca Juga: Kelakar Cak Imin ke AHY soal Pilpres 2024: Kalau Menang, Jangan Lupa Saya Mas

Menurut Syaiful, sejak awal PKB berkoalisi dengan Partai Gerindra, dengan semangat agar jangan sampai Pilpres 2024 hanya ada dua pasang calon.

“Sejak dari awal komitmen kami bikin poros PKB-Gerindra, semangatnya adalah jangan sampai dalam Pilpres 20024 hanya ada dua pasang.”

“Minimal tiga pasang. Jadi kita tidak ada cerita untuk menggoda lalu harus ada dua pasang, tidak ada,” tegasnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x