Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasto: Tidak Ada Paksaan untuk PPP Dukung Ganjar Pranowo, Kami Hormati Kedaulatan Partai

Kompas.tv - 27 April 2023, 20:11 WIB
hasto-tidak-ada-paksaan-untuk-ppp-dukung-ganjar-pranowo-kami-hormati-kedaulatan-partai
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (27/4/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PDI Perjuangan (PDIP) memastikan tidak ada desakan agar PPP mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres PDIP. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan PDIP sangat menghormati kedaulatan partai. PDIP, kata dia, hanya membuka ruang kerja sama untuk partai politik lain yang ingin bergabung untuk memenangkan Ganjar di Pilpres 2024. 

"PDIP menghormati kedaulatan partai politik dalam menentukan arahnya. Kemarin PPP menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo, kami menyambut dengan sangat baik sebagai energi positif dalam membangun kerja sama," ujar Hasto dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (27/4/2023).

Dia menambahkan, meski PPP telah mendeklarasikan mendukung Ganjar, PDIP tetap membuka ruang kerja sama bagi partai-partai lain. 

Baca Juga: PPP Dukung Ganjar Bakal Capres 2024, KIB akan Gelar Pertemuan

Termasuk membuka pintu untuk partai pendukung pemerintah, seperti Partai Golkar, PAN, PKB dan Partai Gerindra. 

Menurut Hasto, partai pendukung pemerintah kecuali Partai NasDem, sudah mengetahui rekam jejak PDIP dalam membangun kerja sama, yakni menjaga komitmen.  

Dia juga menyebut, setelah Partai Hanura dan PPP mendukung Ganjar, dalam beberapa minggu ke depan akan ada pertemuan PDIP dengan salah satu partai politik lain.

Kemudian setelah 14 Mei 2023, PDIP kembali melakukan pertemuan dengan partai lain.

Baca Juga: Ketua DPP Golkar Sebut Pertemuan KIB Malam Ini Bahas Status PPP dan Capres 2024

Menurutnya, partai politik tersebut juga akan mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar, capres PDIP. 

"Tapi kami hormati kedaulatan partai tersebut, setelah matang partai tersebut akan mengumumkan sesuai dengan mekanisme internal partainya," ujar Hasto.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menyatakan partai yang dipimpinnya resmi mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres.

Keputusan itu diambil setelah PPP mengadakan Rapat Pimpinan Nasional selama tiga hari di Yogyakarta sejak Minggu (23/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: PPP Janji Tak Akan Meninggalkan KIB Setelah Dukung Ganjar di Pilpres 2024

"Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam, dengan mengucap bismillahhirrahmanirrahim, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pilpres tahun 2024 yang akan datang” ujar Mardiono, Rabu (26/4/2023).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x