Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Janji Tak Akan Meninggalkan KIB Setelah Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 27 April 2023, 10:00 WIB
ppp-janji-tak-akan-meninggalkan-kib-setelah-dukung-ganjar-di-pilpres-2024
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) telah resmi mendukung bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Lalu, apakah partai berlambang Kabah itu akan meninggalkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)? 

Baca Juga: Pakar Komunikasi Politik Sebut Tiket Bakal Cawapres Ganjar Bakal Jadi Rebutan Parpol, Terutama KIB

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, pihaknya tak akan meninggalkan KIB yang berisi Golkar dan PAN dalam menyongsong pesta demokrasi nanti. Sebab, dalam KIB itu setiap partai politik (parpol) diberi kebebasan untuk memilih capresnya masing-masing.

"Saya kira tidak ada skenario menyalip di tikungan atau meninggalkan KIB, tidak seperti itu. Ketika koalisi ini dibentuk kan Partai Golkar suadah menyampaikan akan mengusung ketua umumnya Pak Airlangga Hartarto," kata Arsul dalam program Sapa Indonesia Pagi di Kompas TV, Kamis (27/4/2023). 

Menurut dia, sesuatu yang lumrah bila dari ketiga parpol mengusulkan nama capres untuk diusung di Pilpres 2024.

"Karena itu, sejauh yang saya ketahui koalisi ini dibentuk tanpa mengurangi hak masing-masing anggota parpol untuk mencoba mengeksplor kemungkinan-kemungkinan tentang capres. Ketika ruang itu terbuka, ada kemungkinan berbeda," ujarnya. 

Ia menambahkan, PAN beberapa waktu lalu juga pernah menyebut duet Ganjar dan Erick Thohir akan mendapatkan dukungan dari ketua umumnya, Zulkifli Hasan bila diusung di pesta demokrasi. 

"Pak Zul (Zulkifli Hasan) sebelumnya juga meyebutkan nama Pak Ganjar dan Pak Erick di Rakernas. Itu konsekuensi dari tekad sesama dari parpol koalisi pemerintah selama ini untuk melanjutkan kontinyuitas pembangunann yang saat ini sedang dijalankan," ujarnya. 


 

Sebelumnya, PPP resmi mengusung ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Baca Juga: Disebut Jokowi Cocok Dampingi Ganjar, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo S.H., M.I.P, sebagai bakal calon presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum presiden Republik Indonesia tahun 2024 yang akan datang," kata Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono dalam acara Pengumuman Bakal Calon Presiden 2024 di Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Rabu (26/4/2023).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x