Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Buka Koalisi untuk Cari Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 24 April 2023, 21:22 WIB
pdip-buka-koalisi-untuk-cari-cawapres-ganjar-di-pilpres-2024
Wakil Sekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PDI Perjuangan terus melakukan komunikasi dengan partai lain, setelah nama Ganjar Pranowo ditunjuk sebagai bakal calon presiden dari PDIP.

Wakil Sekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo menjelaskan komunikasi yang dijalin PDIP yakni kepada partai yang menjadi pendukung Presiden Joko Widodo di pemerintahan.

Menurut Arif pembahasan dengan partai pendukung pemerintah mengenai kerja sama politik dan pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

"Semua nama yang masuk akan jadi pertimbangan dari ibu Ketua Umum, dan ketua umum yang akan memutuskan," ujar Arif di program Kompas Petang KOMPAS TV, Senin (24/4/2023).

Baca Juga: Peluang Bakal Cawapres Ganjar, PDIP: Keputusan di Tangan Bu Mega

Arif menambahkan kriteria umum yang harus dimiliki cawapres Ganjar yakni memiliki visi dan misi yang selaras dengan capres dan PDIP.

Kemudian memberikan daya dukung politik kepada capres dan partai yang nantinya bekerja sama untuk pemenangan di Pilpres 2024.

Menurut Arif dalam membangun bangsa tidak bisa dilakukan oleh satu kelompok untuk itu perlu PDIP perlu membangun kerja sama.

Namun dirinya belum bisa menjelaskan dengan partai mana PDIP akan mendeklarasikan kerja sama di Pilpres 2024. Sejauh ini penjajakan sedang terus dilakukan.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas soal Elektabilitas Bakal Cawapres Ganjar Pranowo: Sandiaga Uno Paling Atas!

"Nanti biar diumumkan bersama atau partai yang nanti bekerja sama dengan PDIP yang akan mengumumkan secara mandiri. Ini sedang penjajakan yang dilakukan dalam rangka membangun dan memperkuat kerja sama dengan partai lain, karena membangun bangsa tidak bisa sendiri," ujar Arif. 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x