Kompas TV nasional peristiwa

Kakorlantas Polri: Skema Satu Arah Jalur Tol Kalikangkung-Cikampek Dinamis, Bisa sampai Km 72

Kompas.tv - 24 April 2023, 16:15 WIB
kakorlantas-polri-skema-satu-arah-jalur-tol-kalikangkung-cikampek-dinamis-bisa-sampai-km-72
Kakorlantas Polri menyebut skema satu arah (one way) dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek bisa diperpanjang, Senin (24/4/2023). (Sumber: ANTARA/ I.C.Senjaya)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menyebut skema satu arah (one way) dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga GT Cikampek bisa diperpanjang, Senin (24/4/2023).

Irjen Firman menyebut, skema satu arah yang saat ini diterapkan dari Km 414 GT Kalikangkung di Semarang, Jawa Tengah sampai dengan Km 70 GT Cikampek, bisa sangat mungkin diperpanjang hingga Km 72 Cikampek Utama (Cikatama). Pasalnya, siang ini jumlah kendaraan dari arah Jakarta ke arah Bandung masih sangat padat.

"Perkembangannya, saat ini dari arah Jakarta masih banyak yang ke arah Bandung, sehingga akan sangat mungkin diubah menjadi ke Km 72 Cikatama, ini sangat dinamis," terang Irjen Firman di GT Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Senin (24/4) dipantau dari Breaking News Kompas TV.

Kemudian, di jalur Cikampek akan diterapkan contraflow menuju Jakarta hingga Km 77. Tapi, lanjut dia, skema ini akan diterapkan tergantung kepadatan pada dua hari puncak arus balik gelombang pertama, yakni tanggal 24 dan 25 April 2023.

Baca Juga: Menteri Perhubungan: Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2023 Turun 39 Persen

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi menerangkan, skema satu arah diberlakukan dari Km 414 GT Kalikangkung hingga Km 70 GT Cikampek pada siang ini, Senin (24/4).

One way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang, Jawa Tengah sampai dengan Km 70 GT (gerbang tol) Cikampek akan diberlakukan mulai dari pukul 14.00 pada Senin siang,” kata Eddy.

Selain one way, kata Eddy, pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa contraflow dari Km 70 sampai dengan Km 47 Tol Jakarta Cikampek, pada pukul 14.00 WIB.

Adapun imbas dari kebijakan tersebut, penyesuaian kendaraan akan dilakukan dari arah Jakarta menuju ke arah timur seperti Purwakarta, Subang, Cirebon, dan wilayah Jawa Tengah serta seterusnya.

Ia menerangkan, pengguna ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai Km 66 dapat mengambil arah kiri menuju ruas tol Cipularang masuk ke gerbang tol Kalihurip Utama.

Selanjutnya keluar Sadang (Km 76 Cipularang), kemudian melewati Purwakarta melalui jalan arteri.

Sementara untuk ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai Km 68 exit (keluar) di Dawuan (gerbang tol Kalihurip 1), selanjutnya lewat Purwakarta/Cikampek melalui arteri.

Rekayasa lalu lintas one way dan contraflow ini bertujuan agar tidak terjadi kepadatan volume kendaraan yang menuju Jakarta.

Baca Juga: Jelang Penerapan One Way, Gerbang Tol Kalikangkung Diatur, Kendaraan dari Barat Tak Bisa Melintas


 

 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x