Kompas TV nasional rumah pemilu

Ditanya soal Cawapres Ideal, Zulhas: Saya Punya Kedekatan Khusus dengan Erick Thohir

Kompas.tv - 24 April 2023, 11:42 WIB
ditanya-soal-cawapres-ideal-zulhas-saya-punya-kedekatan-khusus-dengan-erick-thohir
Foto arsip. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut nama Erick Thohir sebagai cawapres ideal. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Kementerian Perdagangan.)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebut Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) ideal. Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, mengaku punya kedekatan khusus dengan Erick karena sama-sama berada di pemerintahan.

Seperti diketahui, Zulhas saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Erick menjabat sebagai Menteri BUMN. 

"Kalau cawapres di KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) ada ketua-ketua umum partai seperti Pak Airlangga (Hartarto) yang merupakan ketua partai pemenang pemilu nomor 2. Ada juga Pak Mardiono dari PPP," kata Zulhas dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (24/3/2023).

"Tapi kalau saya, ke mana-mana itu sama Erick Thohir, ada kedekatan khusus," tambahnya.

Baca Juga: LSI: Ada Upaya Jokowi Duetkan Ganjar dan Prabowo di Pilpres 2024

Zulhas menyampaikan, nama-nama cawapres potensial lainnya yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (22/4/2023) lalu di Solo, juga bagus. Seperti Mahfud MD yang ia sebut sebagai teman baik, lalu ada Sandiaga Uno dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

"Tapi kalau ditanya PAN bagaimana? Saya punya kedekatan khusus dengan Erick Thohir," ujarnya. 

Dirinya tak menampik jika pengumuman Ganjar Pranowo sebagai bakal capres PDI Perjuangan (PDIP) menjadi momentum untuk menduetkannya dengan Erick sebagai bakal cawapresnya. 

Namun, Zulhas mengaku akan tetap mengikuti keputusan Presiden Jokowi. 

"Pak Jokowi itu punya insting tajam, saya juga kan inginnya yang saya dukung itu menang. Jadi saya mengikuti keputusan Pak Jokowi saja," katanya. 

Baca Juga: Sambil Liburan Bersama Keluarga, Presiden Jokowi Cek Persiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Ia mengaku sudah mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar mengadakan pertemuan dengan para ketua umum parpol setelah libur Lebaran. 

Zulhas mengungkapkan, pada 27 Mei 2023, dirinya bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono akan mengadakan pertemuan.

Seperti diketahui, PAN, Golkar, dan PPP tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sementara itu, ketika ditanya media soal kriteria cawapres pendamping Ganjar, Jokowi menjawab, "Kok tanya saya?"

"Yang cocok? Banyak. Ada Pak Erick (Thohir). Ada Pak Sandiaga Uno. Kan banyak kan. Ada Pak Mahfud (MD). Ada Pak Ridwan Kamil. Banyak. Siapa lagi? Ada Cak Imin (Muhaimin Iskandar). Ada Pak Airlangga (Hartarto)," paparnya seusai melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Saat ditanya soal Prabowo, Jokowi kemudian menjawab, "Nah. termasuk Pak Prabowo (Subianto). Nanti juga segera cawapresnya ketemu.

Ia juga mengatakan cawapres yang akan diusung untuk mendampingi Ganjar akan diputuskan lebih lanjut.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x