Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud MD Menjamin Pemilu Terlaksana 14 Februari 2024

Kompas.tv - 24 April 2023, 07:10 WIB
mahfud-md-menjamin-pemilu-terlaksana-14-februari-2024
Menkopolhukam Mahfud MD memberikan keterangan usai mengunjungi Ponpes Nurul Jadid Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2023). (Sumber: ANTARA/Novi Husdinariyanto)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) Mahfud MD menjamin pemilu tahun depan akan terlaksana sesuai jadwal pada 14 Februari 2024.

"Ya semuanya masyarakat harus menyiapkan pemilu dengan sebaik-baiknya," kata Mahfud saat berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2023).

"Sebagai Menko Polhukam, saya menjamin pemilu akan terlaksana dan harus terlaksana pada 14 Februari 2024 dan November 2024 untuk Pilkada," tegasnya.

Mahfud juga memastikan, permasalahan terkait gugatan Partai Prima kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah selesai.

Hal itu dikarenakan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sudah dibatalkan. Dengan begitu, Pemilu 2024 bisa terlaksana sesuai dengan jadwal.

"Di pengadilan dapat dikatakan sudah selesai. Karena putusan Pengadilan Jakarta Pusat yang memenangkan Partai Prima sudah dibatalkan sepenuhnya oleh Pengadilan Negeri Jakarta," tutur Mahfud.

"Jadi, mari kita siap melaksanakan pemilu dengan baik dan silakan pilih calon-calon Anda," ucapnya.

Baca Juga: KPU: DPS Pemilu 2024 Capai 205 Juta Orang

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud juga menjelaskan, di negara Indonesia yang berdasarkan demokrasi, pergantian kekuasaan diatur dalam pemilu.

Pemilu adalah forum musyawarah, sehingga siapa calon yang mendapatkan suara terbanyak, kata dia, akan keluar sebagai pemenang.

"Maka, saya mengajak masyarakat agar memberikan hak pilih pada saat pemilu. Pilih pemimpin-pemimpin, baik di DPR maupun pemerintahan, yang dapat dipercaya," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Pemilu 2024 akan diikuti 17 partai politik dan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Pada Pemilu 2024 akan dilakukan pemilu  legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. 

Secara bersamaan dilaksanakan pula pemilu presiden (Pilpres) dan wakil presiden Indonesia 2024, serta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Baca Juga: Besok 24 April, PDIP Bahas Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x