Kompas TV nasional rumah pemilu

7 Cawapres Potensial Dampingi Ganjar Pranowo Versi Jokowi, Ini Profil dan Elektabilitasnya

Kompas.tv - 23 April 2023, 12:34 WIB
7-cawapres-potensial-dampingi-ganjar-pranowo-versi-jokowi-ini-profil-dan-elektabilitasnya
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri. Berikut profil 7 Cawapres Potensial Ganjar yang Disebut Jokowi beserta elektabilitasnya.
(Sumber: Agus Suparto/Setneg RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan sejumlah nama yang masuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo telah ditetapkan sebagai bakal calon presiden atau Capres dari PDI Perjuangan (PDI-P).

Adapun beberapa nama yang dinilai Jokowi cocok untuk mendampingi Ganjar, diantaranya, Erick Thohir, Mahfud MD, hingga Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Jokowi saat ditanya media soal kriteria cawapres pendamping Ganjar.

"Kok tanya saya (soal kriteria)? Yang cocok? Banyak. Ada Pak Erick (Thohir), Pak Sandiaga Uno. Ada Pak Mahfud (MD), Pak Ridwan Kamil. Banyak. Siapa lagi? Ada Cak Imin (Muhaimin Iskandar). Ada Pak Airlangga (Hartarto)," Kata Jokowi, Sabtu (22/4/2023).

Mulanya, tak ada nama Prabowo yang disebut dalam Cawapres. Namun Jokowi langsung menyebut nama ketua umum Partai Gerindra saat disinggung awak media.

"Nah. termasuk Pak Prabowo," ujarnya.

1. Erick Thohir

Erick Thohir merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN di kabinet Indonesia Maju.

Dia juga dipercaya sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 pada Februari lalu, menggantikan  Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. 

Dalam dunia politik, pria 52 tahun ini dipercaya sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 lalu.

Dia bukan kader partai politik, namun belakangan cukup dekat dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dihimpun 25 Januari hingga 4 Februari 2023 lalu, Erick Thohir berada di posisi ke tujuh dengan elektabilitas sebagai cawapres sebesar 3,1 persen.

Baca Juga: Namanya Masuk Daftar Jokowi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Begini Respons Mahfud MD

2. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju.

Karier politik pemilik nama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno ini terbilang cukup cermelang.

Sandiaga mulai berkiprah di dunia politik sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra, partai politik bentukan Prabowo Subianto.

Pada 2017 lalu, Sandiaga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun belum habis masa jabatannya, dia maju mendampingi Prabowo Subianto di pilpres 2014. Meski akhirnya pasangan Prabowo-Sandiaga ini kalah dari pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Urusan politik Sandiaga belakangan memanas karena Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu santer diisukan pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Secara elektabilitas Cawapres, berdasarkan hasil survei Libang Kompas, Sandiaga lebih moncer ketimbang Erick Thohir, yakni dengan perolehan 12,4 persen.

Hasil survei dari Libang Kompas ini dihimpun 25 Januari hingga 4 Februari 2023.

3. Mahfud MD

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga menjadi salah satu yang disebut Jokowi cocok menjadi Cawapres mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pemilik nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin ini guru besar hukum tata negara dari Universitas Islam Indonesia (UII). Tak hanya cakap dibidang akademik, Mahfud MD juga mentereng di jajaran birokrasi.

Berbagai kursi menteri pernah dia jabat, mulai dari Menteri Pertahanan era kepresidenan Abdurahman Wahid (Gus Dur) Kabinet Persatuan Nasional 2000-2001, Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Indonesia Masa jabatan 20 Juli 2001 – 23 Juli 2001.

 Hingga kini dipercaya menjadi Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju besutan Presiden Joko Widodo periode 2019-2024.

Mahfud juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013. 

Pada Pilpres 2019 lalu Mahfud masuk bursa cawapres mendampingi Jokowi. Namun Namun akhirnya tidak jadi karena Jokowi memilih Ma'ruf Amin jadi cawapres.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dihimpun 25 Januari hingga 4 Februari 2023 lalu, Mahfud MD berada di 10 besar dengan perolehan elektabilitas 0,9 persen.

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil merupakan Gubernur Jawa Barat periode 2018 hingga 2023.

Sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat, Kang Emil sapaan akarabnya juga pernah menduduki jabatan sebagai  wali kota Bandung dengan didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil wali kota.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x