Kompas TV nasional rumah pemilu

Namanya Masuk Daftar Jokowi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Begini Respons Mahfud MD

Kompas.tv - 23 April 2023, 10:45 WIB
namanya-masuk-daftar-jokowi-jadi-cawapres-ganjar-pranowo-begini-respons-mahfud-md
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara terkait namanya menjadi satu dari sejumlah nama yang disebut Presiden Jokowi cocok sebagai calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.  (Sumber: Instagram @mohmahfudmd)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjadi satu dari sejumlah nama yang disebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi cocok mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pilpres 2024. 

Terkait hal ini, Mahfud pun menanggapinya dengan santai.

Menko Polhukam hanya menyebut kabar Jokowi yang menyebut namanya tersebut merupakan berita yang enak dibaca.

“Itu berita yang enak dibaca. Setiap peristiwa politik, saya suka membaca,”kata Mahfud usai menggelar shalat Id di Masjid Jamik Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (22/4/2023).     

Kendati demikian saat ditanya soal kesediaannya maju menjadi cawapres, Mahfud MD mengaku belum bisa memastikannya, mengingat menurutnya, apapun bisa terjadi dalam politik.

"Saya tidak bisa menjawab hal itu diterima atau tidak diterima, itu biar berkembang sebagai bagian dari demokrasi, karena diterima atau tidak diterima itu bukan sekarang dan tempatnya bukan di sini," ujar Mahfud dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV.

Baca Juga: Prabowo Jawab Peluang Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024: Partai Saya Mencalonkan Saya Jadi Capres

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah ditetapkan sebagai bakal Capres dari PDI-P.

Pengumuman penetapan Ganjar jadi bakal capres ini disampaikan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pada Jumat (21/4) lalu. 

"Pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 maka pada 13.45 menetapkan Ganjar Pranowo untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres dari PDIP," kata Megawati.


 

Terkait penetapan Ganjar sebagai bakal Capres ini pun Presiden Jokowi sempat membeberkan sejumlah nama yang dikiranya cocok menjadi Cawapres untuk mendampingi Gubernur Jawa Tengah di Pilpres 2024.

"Yang cocok? Banyak. Ada Pak Erick (Thohir), Pak Sandiaga Uno. Ada Pak Mahfud (MD), Pak Ridwan Kamil. Banyak. Siapa lagi? Ada Cak Imin (Muhaimin Iskandar). Ada Pak Airlangga (Hartarto)," Kata Jokowi, Sabtu (22/4/2023).

Mulanya, tak ada nama Prabowo yang disebut dalam Cawapres. Namun Jokowi langsung menyebut nama ketua umum Partai Gerindra saat disinggung awak media.

"Nah. termasuk Pak Prabowo," ujarnya.

Baca Juga: Ganjar Jadi Bakal Capres, Jusuf Kalla: Kewenangan PDI-P dan Kita Hormati Itu

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x