Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Cek Arus Mudik, Mahfud MD Ingatkan Sopir Mobil Besar Tak Konsumsi Obat yang Sebabkan Disorientasi

Kompas.tv - 18 April 2023, 13:15 WIB
cek-arus-mudik-mahfud-md-ingatkan-sopir-mobil-besar-tak-konsumsi-obat-yang-sebabkan-disorientasi
Menkopolhukam Mahfud MD bersama Direktorat Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Aan Suhanan meninjau penanganan arus mudik di Posko Terpadu di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek (18/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menkopolhukam Mahfud MD meminta sopir kendaraan besar untuk tidak mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan disorientasi saat mengemudi.

Hal itu ia sampaikan usai meninjau penanganan arus mudik di posko terpadu di KM 29 Tol Cikampek, Selasa (18/4/2023).

“Saya melihat pemerintah dan Korlantas sudah menyiapkan ini dengan baik. Masyarakat juga harus bekerja sama, terutama pengemudi mobil besar,” kata Mahfud seperti dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV.

Baca Juga: Imbau Masyarakat Mudik Pakai Kereta, Erick Thohir: Yang Mampu Bisa Naik Pesawat

“Jangan memakai obat-obatan yang menyebabkan disorientasi, seperti narkoba atau obat yang memacu saraf tertentu. Gunakan yang wajar-wajar saja,” ujarnya.

Ia juga meminta pengendara untuk menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas arus mudik. Pemudik harus beristirahat di tempat yang sudah disediakan, jangan asal berhenti di bahu jalan.


“Jangan sampai mengganggu arus lalu lintas. Tadi saya lihat di beberapa lokasi berdasarkan laporan,  masih ada yang istirahat di pinggir jalan yang bukan tempatnya. Itu kalau menumpuk bisa menyebabkan kemacetan,” tuturnya.

Baca Juga: Daftar Jalan Tol yang Tarifnya Didiskon 20 Persen Selama Arus Mudik 2023

Mahfud juga mengingatkan masyarakat yang mudik agar melakukan pengamanan mandiri terhadap rumahnya. Meskipun, kata dia, aparat keamanan juga menyiapkan skema pengamanan ke permukiman warga.

“Selamat mudik dan selamat berlebaran. Kalau rumahnya ditinggal harus menyiapkan penjagaan sendiri. Kan sekarang juga ada teknologi CCTV,” kata Mahfud.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x