Kompas TV nasional rumah pemilu

Sebut KIR dan KIB Solid sehingga Mudah Disatukan, Golkar: Kalau PDIP Bergabung akan Rumit

Kompas.tv - 13 April 2023, 07:00 WIB
sebut-kir-dan-kib-solid-sehingga-mudah-disatukan-golkar-kalau-pdip-bergabung-akan-rumit
Nurdin Halid dalam Satu Meja The Forum, Rabu (12/4/2023), menyebut soliditas partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) memudahkan kedua koalisi untuk disatukan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Soliditas partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) memudahkan kedua koalisi untuk disatukan.

Penjelasan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Nurdin Halid, dalam dialog Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (12/4/2023).

Menurut Nurdin Halid, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto merupakan inisiator terbentuknya Koalisi Besar.

“Pak Airlangga ini adalah inisiator daripada Koalisi Besar, oleh karena itu beliau sangat serius, sekarang intens sekali berkomuniksi dengan para ketua umum partai di lima partai ini,” tuturnya.

“KIB ini sangat solid, KIR juga solid, sehingga dua koalisi yang sudah terbentuk ini, itu mudah untuk disatukan dengan sebuah prinsip bahwa akan ada negosiasi, karena ada ruang negosiasi.”

Baca Juga: Disebut-sebut Dapat Sinyal Megawati untuk Maju Capres 2024, Ganjar Pranowo: Restu, Opo?

Negosiasi tersebut, kata dia, adalah menentukan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) yang akan diusung.

Penentuan capres-cawapres itu, menurut Nurdin tidak akan terlalu rumit jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak bergabung.

“Nah, ini tidak terlalu rumit ketika dibandingkan misalnya sahabat kita dari PDIP tidak bergabung. Kalau itu bergabung, akan rumit, karena calon dari PDIP juga kuat.”

Meskipun saat ini PDIP belum mengumumkan bakal calon yang akan diusung, namun menurut Nurdin ia sudah memiliki gambaran.

“Ya kita sudah ada gambaran lah, kalau kita lihat Pak Ganjar kan tinggi surveinya, dan pasti PDI Perjuangan, pasti tidak akan mencalonkan yang tidak bisa menang, itu pasti.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x