Kompas TV olahraga sepak bola

Menteri PUPR Bantah Piala Dunia U20 Batal karena Infrastruktur Belum Siap

Kompas.tv - 4 April 2023, 22:14 WIB
menteri-pupr-bantah-piala-dunia-u20-batal-karena-infrastruktur-belum-siap
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumana Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membantah dengan tegas bahwa Piala Dunia U20 2023 batal karena FIFA menganggap Indonesia belum siap dalam hal infrastruktur.

Pak Bas, sapaan akrabnya, menyatakan semua stadion, baik stadion utama maupun stadion latihan, yang sedianya digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U20, sudah siap digunakan oleh 24 negara peserta.

"Kami sudah menyiapkan semuanya. Sejak 31 Maret, saat FIFA memeriksa tahap akhir finalisasi stadion, semua dinyatakan oke," kata Basuki, Senin (3/4/2023) kemarin.

"Jadi tidak benar jika sekarang ada yang bilang batal karena infrastruktur stadion. Gak benar itu," tegasnya.

Lebih lanjut, Basuki juga menjelaskan bahwa Kementerian PUPR mendukung ajang FIFA World Cup U-20 2023 dengan melakukan renovasi lima venue untuk pertandingan serta renovasi 20 lapangan untuk latihan.

Tak tanggung-tanggung, Kementerian PUPR bahkan harus mengeluarkan dana mencapai Rp155,17 miliar agar infrastruktur tersebut sesuai dengan standar FIFA.

"Kami komitmen dengan tugas yang diberikan. Apalagi ajang Piala Dunia U20, seperti yang dikatakan Pak Erick, merupakan ajang terbesar kedua FIFA, sehingga kami tidak main-main demi menjaga amanah Presiden demi suksesnya turnamen tersebut," terangnya.

"Selain itu, kami juga tengah memperbaiki stadion-stadion lainnnya di Indonesia agar sesuai dengan standar FIFA," imbuhnya.

Baca Juga: Batal Jadi Tuan Rumah, Ini Suvenir & Merchandise Piala Dunia U-20 Indonesia yang Tak Terpakai!

Basuki menambahkan, selain Stadion Utama Gelora Bung Karno, perincian renovasi lima stadion utama lainnya meliputi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (venue utama) di Sumatera Selatan, empat lapangan latihan (Bumi Sriwijaya dan Atletik, Baseball, Panahan, dan Jakabaring) dengan biaya Rp43,35 miliar. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x