Kompas TV nasional rumah pemilu

PDI-P Jawab Beredar Kabar Deklarasi Capres 2024 Dimajukan April Ini: Paling Cepat Mei

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 11:45 WIB
pdi-p-jawab-beredar-kabar-deklarasi-capres-2024-dimajukan-april-ini-paling-cepat-mei
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Megawati Soekarnoputri ketika berpidato dalam HUT ke-50 PDI P di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/01/2023). (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beredar kabar PDI Perjuangan (PDI-p) bakal deklarasi capres untuk Pilpres 2024 bakal dilakukan lebih cepat. Bulan April disebut-sebut sebagai memontum deklarasi capres partai pemerintah tersebut. 

Terkait hal itu, Juru Bicara PDI-P, Deddy Sitorus menyebut, pihaknya belum tahu dan tidak bisa memastikan soal kabar deklarasi itu dipercepat. 

"Setahu saya sih nggak," kata Deddy, Kamis (9/2/2023) saat dihubungi KOMPAS.TV .

Ketika ditanya soal bulan Deklarasi Capres PDIP dilakukan di bulan Juni atau bertepatan dengan Bulan Bung Karno, ia sendiri tiak menjawab pasti. 

Namun anggota DPR RI itu hanya menyebut, deklarasi capres PDIP paling lama dilakukan bulan Mei, bukan April seperti kabar yang beredar.

"Paling cepat Mei, paling lama Juni," pungkasnya. 

Baca Juga: Yusril: PDIP Sudah Didik Kader-kader, tapi Dikalahkan Orang Populer, Berduit

Adapun sampai kini PDI Perjuangan masih belum menentukan nama capres maupun cawapres untuk Pilpres 2024.

Namun, nama kader PDI-P Ganjar Pranowo sampai Puan Maharani disebut-sebut bakal diutus Megawati Soekarno Putri untuk maju sebagai capres. 

Sebelumnya seperti KOMPAS.TV beritakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menentukan kader PDIP yang akan diusung sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bahkan menyebut, nanti waktu diumumkan adalah memontum yang tepat. 

"Nanti, capres-cawapres Ibu Megawati Soekarnoputri yang akan melakukan (deklarasi), melihat kesiapan partai, suasana kebatinan rakyat, peta politik, kerja sama politik yang dilakukan, dan juga hasil koordinasi," ujar Hasto di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: Bakal Koalisi KIB atau KKIR, PDIP: Yang Pasti Tidak dengan Aliansi Parpol Dukung Anies Baswedan

Terkait acara konsolidasi kader PDI-P yang akan digelar 1 Juni 2023 sebagai momentum Megawati untuk deklarasi capres, Hasto tidak dapat memastikan. 

Hasto hanya bisa menegaskan nama capres PDI-P sudah ada di kantong Megawati dan nantinya akan diumumkan di momentum yang tepat.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x