Kompas TV olahraga sepak bola

Usai Tampil di Turnamen Mini, Menpora Berharap Penampilan Timnas U20 Indonesia Terus Meningkat

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 17:35 WIB
usai-tampil-di-turnamen-mini-menpora-berharap-penampilan-timnas-u20-indonesia-terus-meningkat
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap hasil Mini Turnamen dijadikan pelajaran yang baik Timnas Indonesia untuk di Piala Asia 1-18 Maret di Uzbekistan mendatang. (Sumber: raiky/kemenpora.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap penampilan Timnas U20 Indonesia bisa terus meningkat usai tampil di turnamen mini yang telah selesai digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Seperti diketahui, Garuda Nusantara sudah melakoni tiga laga uji coba internasional yang digelar sejak Jumat (17/2/2023) lalu. 

Dari tiga pertandingan tersebut, Arkhan Fikri dkk meraih satu kemenangan saat mengalahkan Fiji dengan skor 4-0.

Akan tetapi di dua laga selanjutnya, Timnas U20 Indonesia harus kalah dari Selandia Baru (1-2) dan Guatemala (0-1). 

Meski belum bisa meraih hasil maksimal, Menpora berharap turnamen mini ini bisa menjadi bekal untuk tim asuhan Shin Tae-yong yang akan berlaga di Piala Asia U20 2023 Uzbekistan. 

"Mudah-mudahan ini (Mini Turnamen) dijadikan sebagai uji tanding yang bagus untuk anak-anak sebelum mereka berangkat ke Uzbekistan untuk Piala Asia," kata Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora

Menpora sendiri menilai, permainan Timnas U20 Indonesia sebenarnya sudah bagus, tapi kurang beruntung, sehingga belum bisa meraih kemenangan. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Pastikan Marselino Ferdinan Tak Perkuat Timnas U20 Indonesia di Piala Asia U20 2023

"Sejak pertandingan awal melawan Fiji, saya lihat bagus ya anak-anak, bahkan saat melawan Selandia Baru, sebenarnya banyak peluang yang harusnya bisa gol, cuma ya, seperti itu. Selandia Baru juga bagus dengan postur tinggi, jadi ya belum beruntung saja," tuturnya. 

"Tetapi secara keseluruhan, saya lihat anak-anak ini ada peningkatan, ada perbaikan yang dilakukan oleh Coach Shin Tae-yong," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI itu. 

Politikus Golkar itu juga punya harapan agar permainan Timnas U20 Indonesia terus meningkat di Piala Asia U20 hingga Piala Dunia U20 2023.

"Mudah-mudahan ini dapat terus terjaga dan sampai pada saat mereka berlaga untuk Piala Asia di Uzbekistan yang akan datang," ucap Menpora. 

"Saya harap anak-anak ini semakin bagus bermainnya. Ya namanya bola, melawan siapa saja bisa berubah-ubah hasilnya, dan tim yang kita undang ini Guatemala, Fiji, dan Selandia Baru adalah negara-negara yang sudah lolos untuk Piala Dunia U-20 nanti," pungkasnya. 

Pada Piala Asia U20 2023 yang digelar 1-18 Maret, Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. 

Timnas U20 Indonesia dijadwalkan berjumpa Irak (1/3/2023) di laga pertama, lalu dilanjutkan melawan Suriah (4/3/2023), serta terakhir menantang Uzbekistan (7/3/2023). 

Baca Juga: Ditanya soal Mundur dari Menpora, Zainudin Amali Tolak Berkomentar


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x