Kompas TV olahraga sepak bola

Disebut Mirip Badut, Shin Tae-yong Ogah Maafkan Pelatih Persija Thomas Doll

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 16:24 WIB
disebut-mirip-badut-shin-tae-yong-ogah-maafkan-pelatih-persija-thomas-doll
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku enggan memaafkan pelatih Persija Jakarta Thomas Doll yang menyebutnya mirip badut, lantaran membintangi iklan makanan. (Sumber: Kompas.com/Ahmad Zilky)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku enggan memaafkan pelatih Persija Jakarta Thomas Doll yang menyebutnya mirip badut, lantaran membintangi iklan makanan. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa dirinya tidak bisa berdiam diri jika ada pihak yang mempermasalahkan sosoknya secara personal.

Menurut eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu, sikap menjelek-jelekkan orang di hadapan media tidak dapat dibenarkan. 

"Jujur saya tidak bisa memaafkannya karena perilaku seperti itu salah," ujar Shin usai memimpin latihan skuadnya di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/2) dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Thomas Doll Sindir Shin Tae-yong: Pelatih Timnas kok seperti Badut

"Saya dibuat seperti orang jahat dan tidak baik di depan media, setelah itu meminta maaf. Perasaannya bagaimana kalau terjadi yang sebaliknya," kata Shin.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu meminta Thomas Doll untuk merenung dan tidak mengulangi hal serupa kepada orang lain. 

Shin Tae-yong juga menceritakan betapa sulitnya menangani tiga timnas selakigus. 

Pelatih berusia 52 tahun itu hanya meminta pengertian dari klub untuk terus mendukung program-program di tim nasional, termasuk melepaskan para pemain yang dipanggil untuk melakoni training center atau pemusatan latihan. 

"Saya memegang tiga timnas tanpa istirahat, benar-benar berusaha untuk mengembangkan sepak bola Indonesia terus berkembang. Akan tetapi, tidak ada pengertian sama sekali dari klub," sambung Shin.

Baca Juga: Curhat Asisten Shin Tae-yong soal Rebutan Pemain Timnas U20 dengan Klub Liga 1

"Jadi keadaan setiap orang berbeda-beda. Ini harus dipahami dan dimengerti. Kalau (Thomas Doll-red) bicara seperti itu sama saja dia mencaci PSSI dan masyarakat Indonesia," tutur Shin.

Sebagai informasi, Thomas Doll menyebut Shin Tae-yong seperti badut dalam pertemuan virual antara Persija dengan timnas Indonesia, Selasa (7/12) silam. Kala itu, Shin Tae-yong tidak hadir. 

Keputusan Shin mengutus asisten pelatih Nova Arianto untuk mewakilinya membuat Thomas Doll gusar karena di kubu Persija dirinya dan semua staf pelatih mengikuti diskusi tersebut.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kecewa dengan Marselino dan Ronaldo Pindah Klub Tanpa Pamit

Persija sendiri merupakan klub yang para pemainnya paling banyak dipanggil Shin untuk melakoni TC Timnas U20 jelang Piala Asia U20 2023. 

Doll menyebut Shin Tae-yong seperti seorang badut karena membintangi sebuah iklan makanan di Indonesia.

"Bagi saya dia lebih seperti badut daripada pelatih. Itu seharusnya tidak dilakukan oleh seorang pelatih timnas. Saya tidak pernah melihat pelatih melakukan hal yang seperti itu," tutur Doll, dikutip dari Antara. 

Namun, Doll akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada Shin Tae-yong pada Minggu (12/2/202) lalu. 
 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x