Kompas TV regional peristiwa

Tangki Lumpur Perusahaan Migas Petrochina di Jambi Terbakar, 4 Pekerja Dibawa ke Rumah Sakit

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 16:55 WIB
tangki-lumpur-perusahaan-migas-petrochina-di-jambi-terbakar-4-pekerja-dibawa-ke-rumah-sakit
Ilustrasi kebakaran. Sebanyak empat orang mengalami luka bakar setelah tangki lumpur milik perusahaan minyak dan gas (migas) Petrochina Internasional Jabung Ltd terbakar. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAMBI, KOMPAS.TV – Sebanyak empat orang mengalami luka bakar dalam peristiwa terbakarnya tangki lumpur milik perusahaan minyak dan gas Petrochina Internasional Jabung Ltd di Desa Delima, Kecamatan Tebing Tinggi, Tanjung Jabung Barat, Jambi. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (9/1/2023).

Kepala Kepolisian Resor Tanjab Barat, Muharman Arta, Selasa (10/1/2023), menyebut polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Dugaan sementara, kebakaran akibat dari percikan api aliran listrik mengenai tangki lumpur yang masih mengandung gas, dan menyebabkan api cepat menyambar.

"Kita masih selidiki penyebab kebakaran. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, namun empat orang mengalami luka bakar," tuturnya, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Kebakaran Melanda Gudang Distributor Tiner di Kota Semarang, Suara Ledakan Sempat Terdengar

Dua korban terluka bakar di bagian muka adalah Irwan Suendi (44) jabatan help electric dan Ben Dahyar (49) yang menjabat mud engineering.

Dua korban lainnya adalah Didi Suparman (35) sebagai Mudboy, mengalami luka bakar di bagian tangan, serta Sandika Putra (19), seorang Roustabout yang mengalami trauma setelah kejadian.

"Semua korban sudah dibawa ke rumah sakit di Jambi," kata Arta.

Kebakaran bermula pada sekitar pukul 18.00 WIB, saat 14 orang karyawan bekerja di Sumur WBD 07 PT Petrocina Internasional Jabung Ltd, Pad WB 01, melakukan service atau work over.

Empat pekerja di antaranya sedang melakukan penanganan masalah di tanki fillming oil.  

Pada pukul 23.33 WIB, pekerja yang berada di atas tangki fillming oil menyambungkan aliran listrik ke power supply, dan menimbulkan percikan api.

Baca Juga: Kebakaran Ketiga di Jayapura Tahun 2023 Hanguskan Seratusan Lapak Pasar Youtefa

Percikan tersebut jatuh ke dalam tangki fillming oil yang masih mengandung gas, dan mengakibatkan sambaran api dan menyebabkan terjadinya kebakaran di lokasi.

Pekerja yang berada di atas tangki fillming oil berusaha menyelamatkan diri. 

Selanjutnya kru yang lainnya langsung berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat pemadan kebakaran dan api berhasil dipadamkan sekitar 23.48 WIB.
 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x