Kompas TV nasional hukum

Kata Jaksa saat Dengar Keterangan Ricky Rizal: Terserah Kaulah, Mau Ngeles Juga Enggak Apa-Apa

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 15:58 WIB
kata-jaksa-saat-dengar-keterangan-ricky-rizal-terserah-kaulah-mau-ngeles-juga-enggak-apa-apa
Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal alias RR (kedua kiri) dan Kuat Maruf (ketiga kiri) mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (2/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jaksa Penuntut Umum (JPU) blak-blakan mempersilakan terdakwa Ricky Rizal Wibowo menolak mengaku melihat Ferdy Sambo memegang senjata hingga menembak Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

JPU merasa janggal karena Ricky Rizal mengaku tidak melihat peristiwa tewasnya Yosua padahal menurut jaksa, ia berdiri hanya sekitar dua meter dari tempat kejadian.

Semula, jaksa bercerita bahwa hakim, JPU, dan penasihat hukum para terdakwa sudah menyambangi lokasi pembunuhan Yosua di Jl Duren Tiga No 46, Kompleks Polri.

“Dari tempatmu berdiri (saat peristiwa penembakan Yosua, red) dengan terdakwa RE (Richard Eliezer, red) berdiri dan FS (Ferdy Sambo, red) berdiri itu, kalau dihitung meter itu kurang lebih 2 meter, itu kalau dihitung pakai meter. Nah jarak pandang pasti bagus kecuali kamu sudah pakai kaca mata atau rabun,” kata jaksa.

“Nah tadi kamu menjelaskan bahwa, tidak melihat FS pada waktu menghampiri korban. Saya tegaskan kepada kamu sekarang ini, apakah saat itu kamu memang tidak melihat atau sengaja kamu tidak mau melihat, atau seperti apa?"

Baca Juga: Alasan Ricky Rizal Hancurkan Handphone Pribadinya: Karena Mau Disita Penyidik

Ricky pun keukeuh mengaku tidak mellihat Ferdy Sambo menembak Yosua, berbeda dengan keterangan yang disampaikan Richard Eliezer.

“Karena memang pada saat itu, saya memang sempat ke dapur itu Pak. Saya tidak tahu yang terjadi, bagaimana saya bisa melihat ke belakang sedangkan mata saya menuju ke arah dapur, seperti itu,” katanya.

Mendengar jawaban tersebut, jaksa pun bertanya, pada saat apa Ricky Rizal berpaling membelakangi tempat terjadinya peristiwa.

“Kamu ke dapur itu saat RE menembak, setelah menembak, atau saat FS menghampiri Yosua?” cecar jaksa.

“Jadi kejadian itu kan berlangsung cepat, jadi yang saya lihat itu saudara Richard kan menembak, kalau yang sepenglihatan saya sampai arah belakang, lah pada saat itu saya ke belakang karena mendengar suara itu, Pak,” sahut Ricky.

Jaksa lebih lanjut bertanya kepada Ricky, apakah dirinya melihat Ferdy Sambo memegang senjata sebelum menembak. Dia mengaku tidak melihat Ferdy Sambo memegang senjata sebelum menembak dinding.

Baca Juga: Kata Ferdy Sambo Sebelum Beri Rp500 Juta ke Ricky, Richard Eliezer, dan Kuat: Apa Sesuai Skenario




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x