Kompas TV nasional politik

Ada Deklarasi Capres di Acara HUT PDIP, Ketua DPP: Hanya Ibu Mega dan Yang Mahakuasa yang Tahu

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 05:05 WIB
ada-deklarasi-capres-di-acara-hut-pdip-ketua-dpp-hanya-ibu-mega-dan-yang-mahakuasa-yang-tahu
Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga saat di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019). (Sumber: Tribunnews.com/ Danang Triatmojo)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga tidak bisa memastikan akan ada deklarasi bakal calon presiden di acara HUT PDIP pada 10 Januari mendatang. 

Eriko menjelaskan dalam menentukan bakal capres, PDIP memiliki mekanisme sendiri. PDIP juga tidak akan terburu dan terpengaruh desakan pihak lain agar secepatnya mengumumkan bakal calon presiden. 

Menurutnya ada sejumlah faktor yang membuat PDIP memiliki waktu luas untuk menentukan calon. Yakni sebagai pemenang pemilu, PDIP memiliki keleluasaan untuk mengusung capres sendiri di Pilpres 2024.

Kemudian belajar dari pengalaman Pemilu 2014, PDIP juga tidak terburu-buru dalam menentukan capres yang diusung, meski bukan menjadi partai pemenang. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo atau Puan Maharani, Siapa Capres PDIP Pilihan Megawati?

"PDIP enggak pernah terburu-buru, dulu waktu kami enggak bisa maju sendiri kami enggak terburu-buru, apalagi sekarang bisa maju sendiri," ujar Eriko, Selasa (3/1/2023).

Eriko menambahkan faktor utama yang membuat PDIP tidak tergesa-gesa yakni mekanisme penentuan capres berada di tangan ketua umum. 

Dalam kongres telah diputuskan penetapan bakal calon presiden dari PDIP sepenuhnya diserahkan kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Ia meyakini Megawati punya kriteria yang tepat dan pastinya Ketua Umum PDIP juga mengikuti setiap perkembangan yang terjadi mengenai para kandidat bakal capres 2024. 

Baca Juga: Hasto Bocorkan Jadwal Pengumuman Capres PDIP, Ungkap Kriteria Sosok yang Diusung

"Kemarin Pak Sekjen menyampaikan kriteria-kriteria yang disampaikan ibu ketua umum. Tapi mengenai waktu momennya (penetapan bakal capres) hanya Ibu Mega dan Yang Mahakuasa yang tahu," ujar Eriko.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan akan ada kejutan saat perayaan HUT ke-50 PDIP pada 10 Januari 2023 yang rencananya digelar di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ditanya soal kemungkinan Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon presiden yang akan diusung PDIP saat HUT tersebut, Hasto enggan memastikannya.

Sebab, hal itu tergantung pada keputusan Megawati sebagai pemegang hak prerogratif.

Baca Juga: Tunggu PDIP Umumkan Capres, NasDem Tetap Konsisten Usung Anies Baswedan

"Apakah dalam Rakernas Ibu Ketum akan mengumumkan calon atau enggak, itu nanti dalam pertimbangan ketua umum untuk menetapkan," ujar Hasto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/12/2022).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x