Kompas TV regional berita daerah

Gereja Tertua di Blora Berbentuk Kapal Pernah Terbakar

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 12:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Gereja Katholik Santo Pius Sepuluh yang berada di Jalan Pemuda Kabupaten Blora memiliki arsitektur unik berbentuk kapal. Gereja ini dibangun pada tahun 1969 dan menjadi gereja katholik tertua di Kabupaten Blora dengan panjang 40 meter dengan luas 20 meter.

Saat ini jumlah jemaat Gereja Katholik Santo Pius Sepuluh mencapai 1.200 orang. Selain bentuknya yang unik, gereja ini juga dilengkapi bangunan Gua Maria yang di dalamnya digunakan jemaat untuk berdoa.

Menurut pengurus gereja, Didik Sudaryanto, gereja ini dibangun pada tahun 1969 oleh Romo Mangunwijoyo dari Keuskupan Surabaya. Gereja dibentuk menyerupai bahtera kapal karena terinspirasi dari sejarah kapal Nabi Nuh. Gereja ini juga masih berdiri kokoh meskipun pernah terbakar pada tahun 1982 akibat konsleting listrik dan belum pernah dilakukan pemugaran sejak dibangun. 

“Pernah terbakar tahun 1982 tapi bentuknya tetap bahtera, hanya diubah bagian atapnya, ”ujar Fa Didik Sudaryanto.

Melihat bangunan Gereja Santo Pius Sepuluh yang sepintas mirip dengan kapal menjadikan banyak orang menyebutnya sebagai gereja kapal. Gereja kapal di Kabupaten Blora ini memiliki dua aspek tak terpisahkan, yakni keanggunan arsitektur dan kedalaman makna spiritual.

#gerejakatolik #bahterakapal #nabinuh




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x