Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF: usai Seri Lawan Thailand, Shin Tae-yong Janji Timnas Indonesia Menang atas Filipina

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 17:06 WIB
piala-aff-usai-seri-lawan-thailand-shin-tae-yong-janji-timnas-indonesia-menang-atas-filipina
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjanjikan skuadnya dapat meraih kemenangan atas Filipina dalam laga pamungkas fase grup Piala AFF 2022. (Sumber: Kompas.com/Ahmad Zilky)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan skuadnya dapat meraih kemenangan atas Filipina dalam laga pamungkas fase grup Piala AFF 2022. 

Duel Indonesia vs Filipina dijadwalkan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin 2 Januari 2023 mendatang pukul 19.30 WIB. 

Skuad Garuda sendiri baru saja menuai hasil mengecewakan. Egy Maulana Vikri dan kolega hanya mampu bermain imbang melawan 10 pemain Thailand di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022) kemarin. 

Indonesia sebenarnya sempat unggul lebih dulu lewat penalti Marc Klok pada menit 50. Tetapi, kelengahan lini belakang berakibat fatal dan membuat Sarach Yooyen mencetak gol penyama kedudukan bagi Thailand pada menit 79. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Witan Sulaeman Gagal Cetak Gol ke Gawang Kosong, Ini Kata Shin Tae-yong

Hasil imbang tersebut membuat Indonesia tertahan di urutan kedua klasemen Grup A Piala AFF dengan koleksi 7 poin dari 3 pertandingan. Skuad Garuda hanya tertinggal selisih gol dari Thailand yang berada di puncak. 

Meski demikian, Indonesia masih berpeluang besar untuk lolos ke babak semifinal. 

Syarat utamanya adalah memenangkan pertandingan terakhir fase grup kontra Filipina. 

Namun, jika ingin menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang akan melakoni laga terakhirnya melawan Kamboja, Senin depan.

Baca Juga: Puja Puji Alexandre Polking kepada Shin Tae-yong: Dia Pelatih yang Fantastis

"Tidak usah khawatir, kami harus menang," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga kontra Thailand, dikutip dari Antara, Jumat (30/12). 

Optimisme yang sama juga disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). 

Jokowi menyaksikan langsung perjuangan Indonesia melawan Thailand dari tribun Stadion Gelora Bung Karno. Menurut Jokowi, hasil imbang kontra Thailand sudah memuaskan dan yang penting, Timnas Indonesia mampu lolos ke semifinal. 

Baca Juga: Sri Mulyani "Gemes" Saat Nonton Piala AFF 2022 Indonesia vs Thailand, sampai Ingin Turun ke Lapangan

"Bagus, bagus! Pemain Timnas kita sudah mati-matian dan hasilnya sudah kita lihat, 1-1. Yang paling penting bisa masuk semifinal, masuk final," kata Jokowi.

"Optimis dong, mainnya bagus banget begitu, gimana sih," sambung Jokowi. 


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x