Kompas TV regional berita daerah

Dugaan Kecurangan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 18:02 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Komite pemantau legislatif indonesia atau kopel meminta dewan kehormatan penyelenggara pemilihan umum, membentuk tim independen untuk menelusuri potensi dugaan kecurangan dalam tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024.

Menurut komite pemantau legislatif indonesia  pleno rekapitulasi nasional hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024 yang digelar kpu ri diduga terjadi kecurangan sejak dari kabupaten kota dan provinsi. Hal tersebut dianggap telah menciderai demokrasi dan pelaksanaan pemilu bersih.

Adapun dugaan pelanggaran seperti perubahan data partai politik dalam sistem informasi partai politik atau sipol. Partai politik yang tadinya tidak memenuhi syarat  tiba-tiba memenuhi syarat tanpa melalui porses yang benar.  Perubahan yang melanggar hukum dari tidak memenuhi syarat menjadi memenuhi syarat.  Sejumlah kecurangan partai politik tersebut diduga dilakukan oleh anggota kpu ri  pejabat kpu ri  hingga anggota atau pejabat kpu provinsi kabupaten dan kota.  

#kpusulsel
#PPK
#kopel

 

 



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x