Kompas TV regional berita daerah

Tumpek Landep, Senjata Dan Kendaraan Diupacarai

Kompas.tv - 8 November 2022, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Umat hindu di Bali merayakan hari Tumpek Landep yang jatuh   enam bulan sekali, pada Saniscara Kliwon Wuku Landep berdasarkan kalender Bali. Pada hari itu, umat Hindu melakukan upacara penyucian barang-barang yang terbuat dari besi, seperti keris dan senjata lainnya. Sebelum diupacarai,  keris biasanya dibersihkan menggunakan air dengan campuran bunga dan wewangian.

Selain keris dan senjata, kendaraan seperti mobil, dan sepeda motor juga diupacarai. Upacara perayaan Tumpek Landep ini dipimpin oleh pendeta hindu atau yang dikenal sebagai pemangku.

Tumpek Landep berasal dari kata tumpek dan landep. Tumpek berarti tampek atau dekat dan landep yang berarti tajam. Tumpek Landep merupakan hari raya pemujaan kepada Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu.

Pada perayaan ini, diharapkan umat selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai - nilai agama. Sehingga dengan pikiran yang bersih dan suci, umat mampu memilah dan memilih mana baik dan mana buruk.

 

 

 

 

 

 

#tumpeklandep    #upacaraisenjata   #hindubali




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x