Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Iwan Bule Diperiksa Polda Jatim, Bakal Mangkir Lagi?

Kompas.tv - 3 November 2022, 07:11 WIB
hari-ini-iwan-bule-diperiksa-polda-jatim-bakal-mangkir-lagi
Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule diperiksa kali pertama di Mapolda Jatim , Kamis (20/10/2022) (Sumber: Surya Malang/Luhur Pambudi)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan atau kerap Iwan Bule pada hari ini, Kamis (3/10/2022) dijadwalkan akan diperiksa lagi oleh di Mapolda Jawa Timur.

Iwan Bule bakal diperiksa penyidik untuk kali kedua sebagai saksi terkait Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu yang telah menelan korban jiwa sabanyak 135 orang.

Dalam pemanggilan sebagai saksi ini, Iwan Bule kali pertama dipanggil dan diperiksa oleh penyidik pada Selasa (18/20/2022) lalu. Tapi ia mangkir dari pemeriksaan dan minta diundur jadwalnya. 

Iwan berdalih, ada agenda PSSI dan FIFA, yakni kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino ke Indonesia pada tanggal itu. 


Iwan Bule lantas baru datang dua hari setelahnya di Mapolda Jatim untuk jalani pemeriksaan pada Kamis (20/10).

Lantas, pada pekan lalu, Kamis (27/10) harusnya ia dipanggil untuk kedua kali. Namun tidak hadir dengan alasan ada kegiatan antara PSSI dengan FIFA. 

Terkait pemangilan hari ini, Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah menyebut polisi telah menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Iwan Bule pada hari ini Kamis (3/11/2022) di Mapolda Jawa Timur (Jatim).

Menurut penjelasannya, pemeriksaan itu bakal dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan ahli dari Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham). 

"Kamis 3 November akan dilakukan, pertama, pemeriksaan tambahan saksi Ketum PSSI," kata Nurul dalam keterangannya, di Mabes Polri, Selasa (1/11).

"Kemudian, kedua, pemeriksaan ahli dari Kemenpora RI, kemudian pemeriksaan ahli hukum dari Kemenkumham RI," ucapnya.

Baca Juga: Iwan Bule soal PSSI: Jangankan Jabatan, Nyawa Pun Tak Bisa Dipertahankan jika Waktu Tiba

Dia menambahkan, sebelum Iwan Bule, tepatnya pada kemarin Rabu (2/11), Polda Jatim terlebih dahulu melakukan pemeriksaan beberapa ahli hukum pidana terkait insiden maut itu. 

Sebelumnya seperti diberitakan, Iwan Bule, kali pertama diperiksa dicecar 45 pertanyaan oleh penyidik. 

Iwan Bule datang ke Mapolda Jatim sekitar pukul 13.00 WIB didampingi Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh. Dia terlihat selesai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 18.00 WIB. 

"Terima kasih, hari ini saya telah menghadiri pemanggilan di Polda Jatim. Alhamdulillah selesai," kata Iwan Bule, Kamis (Kamis (20/10).

"Mohon maaf kami pemanggilan pertama tidak bisa hadir, karena ada kegiatan di Kuala Lumpur yakni ada rapat AFC dan FIFA," ucapnya. 

Baca Juga: Dua Kali Iwan Bule Mangkir dari Pemeriksaan Tragedi Kanjuruhan, Alasannya Kegiatan FIFA



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x