Kompas TV olahraga sepak bola

Iwan Bule: Kalau Saya Mundur dari Ketua PSSI, Saya Pengecut

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 05:25 WIB
iwan-bule-kalau-saya-mundur-dari-ketua-pssi-saya-pengecut
Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule mengatakan dia tidak ingin dicap sebagai pengecut karena mundur dari jabatan Ketua PSSI. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule akhirnya angkat bicara soal desakan publik yang menginginkannya mundur sebagai Ketua PSSI usai Tragedi Kanjuruhan yang merenggut 135 korban jiwa. 

Seperti yang diketahui, publik sepak bola Indonesia mendesak Ketua PSSI beserta jajarannya untuk mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu itu. 

Tak hanya publik, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk pemerintah juga memberikan rekomendasi yang salah satunya menyebut agar kepengurusan PSSI saat ini dengan legowo mundur dari jabatannya. 

Akan tetapi, hingga saat ini, tak ada tanda-tanda dari Ketua PSSI dan jajaran anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk mengundurkan diri. 

Dalam kunjungannya ke Menara Kompas pada Jumat (28/10/2022), Iwan Bule akhirnya angkat bicara mengenai desakan untuk mundur sebagai Ketua PSSI. 

Baca Juga: Ketua Umum PSSI Mangkir dari Panggilan Pemeriksaan Polda Jatim, Disebut Ada Kepentingan dengan FIFA

Pria 60 tahun itu mengatakan dirinya tidak akan mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI karena tidak ingin dicap sebagai ketua umum pengecut yang meninggalkan jabatannya. 

Menurutnya, jika dia mundur dari kursi Ketua PSSI, juga tidak akan menyelesaikan masalah. 

"Kita tunggu nanti malam rapat Exco kan. Kalau mundur, kami tidak menyelesaikan masalah. Kalau KLB (Kogres Luar Biasa, red) jadi nanti ada pencalonan," kata Iwan Bule. 

"Kalau saya mundur, ya saya pengecut, saya pecundang. Kalau mundur ya saya tidur saja di rumah, masa saya meninggalkan yang sekarang," imbuhnya.

"Jadi ya saya harus menyikapi ini. Dengan task force saya lakukan, kunjungan ke mereka, untuk menambah moril mereka. Oh, ada ketua umumnya dengan saya, begitu," tutur Iwan Bule. 

Baca Juga: Tak Boleh Ikuti KLB PSSI Lumajang, Pengurus: Bagaimana Sepak Bola Indonesia Maju Kalau Begini?

Dalam kesempatan tersebut, pensiunan Polri itu juga membantah kabar yang menyebutkan adanya dukungan dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno agar dirinya tetap menjadi Ketua PSSI. 

Dia mengakui, memang dirinya melakukan pertemuan dengan Mensesneg Pratikno. Namun, dalam pertemuan tersebut, mereka hanya membahas perkembangan liga dan Tim Nasional Indonesia. 

Usai Tragedi Kanjuruhan, PSSI bersama FIFA dan AFC serta pemerintah membentuk tim Task Force untuk melakukan pembenahan total di sepak bola Indonesia. 

Hal itulah yang saat ini menjadi fokus Mochamad Iriawan sebagai Ketua PSSI, hingga jabatannya berakhir pada Desember 2023 tahun depan.  

Baca Juga: Istana Bantah Jokowi Inginkan Iwan Bule Tetap Pimpin PSSI: Klaim Dukung Lanjutkan Jabatan Tak Benar


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x