Kompas TV regional berita daerah

Bupati Sebut KM Sabuk Nusantara 76 Picu Perputaran Ekonomi di Kabupaten Banggai laut

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 17:32 WIB
bupati-sebut-km-sabuk-nusantara-76-picu-perputaran-ekonomi-di-kabupaten-banggai-laut
Bupati Banggai Laut Saiful Kaepa saat menerima Kunjungan Kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa dan rombongan (Sumber: Kompas Tv Gorontalo)
Penulis : KompasTV Gorontalo

BANGGAI LAUT, KOMPAS TV - Bupati Banggai Laut Saiful Kaepa saat menerima Kunjungan Kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa dan rombongan pada Selasa 25 Oktober 2022 menyatakan apresiasi yang tinggi atas dipilihnya pelabuhan Banggai Laut sebagai salah satu rute pelayaran kapal perintis KM Sabuk Nusantara 76.

Bupati Saiful Kaepa menyebut,kehadiran KM Sabuk Nusantara 76 di daerahnya memberi banyak manfaat bagi masyarakat setempat, diantaranya mempermudah mobilisasi warga Banggai Laut yang banyak menempuh pendidikan di Provinsi Gorontalo.

Kehadiran kapal perintis ini dinilai menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan putaran ekonomi dimana distribusi bahan pokok semakin cepat dan harga setara dengan daerah lain.

Tak hanya itu, akses cepat dan murah seperti kapal KM Sabuk Nusantara juga membuka peluang besar kerjasama dengan daerah lain, termasuk Gorontalo untuk saling tukar hasil bumi dan home industri yang berunjung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tindak lanjut pertemuan ini, Pemerintah Banggai Laut akan menyurat resmi kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang menjadi pangkalan Kapal KM Sabuk Nusantara agar menetapkan  Banggai Laut sebagai rute tetap kapal perintis.

Kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa usai pertemuan menyatakan apresiasinya yang tinggi kepala Pemda Banggai Laut khususnya Bupati Saifuk Kaepa atas respon positifnya terkait keberadaan kapal perintis. Taher Laitupa menilai Bupati Saiful Kaepa adalah Bupati yang mampu membaca peluang dan sangat memahami kebutuhan warganya.

Evaluasi di sejumlah rute yang di singgahi kapal perintis menurut Kepala KSOP Gorontalo semuanya sangat baik, dilihat dari jumlah penumpangnya dan juga angkutan bahan pokok dan angkutan lain nyaris tak mampu dilayani.

Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Seksi Angkutan Laut Udara Penyeberangan dan Kereja Api , Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Darmawangsah mendorong pertemuan lintas sektor melibatkan pelaku usaha di daerah daerah yang menjadi rute pelayaran KM Sabuk Nusantara agar kedepan terjalin kerjasama saling menguntungkan.

ikut mendampingi Kepala KSOP, Kasi Lalulintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Gorontalo Abdul Kahar.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x