Kompas TV entertainment lifestyle

Agar Ginjal Tetap Sehat, Lakukan 8 Langkah Ini

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 06:08 WIB
agar-ginjal-tetap-sehat-lakukan-8-langkah-ini
Ilustrasi ginjal yang sehat.  Beberapa fungsi penting dari ginjal di antarnya adalah untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya dari darah.(Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dunia kesehatan di tanah air saat ini dihebohkan dengan kemunculan penyakit gagal ginjal akut pada anak yang menyebabkan kematian. Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang memiliki beragam fungsi penting.

Beberapa fungsi penting dari ginjal di antarnya adalah untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya dari darah.

Produk limbah ini nantinya akan disimpan dalam kandung kemih dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sama saja dengan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Hal ini karena ketika ginjal sehat maka tubuh bisa menyaring dan membuang limbah dengan baik, serta bisa menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Cara menjaga ginjal agar tetap sehat

Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Lantas apa yang harus dilakukan untuk menjaga ginjal agar tetap sehat?

1. Olahraga

Dikutip dari Kompas.com, olahraga yang teratur bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Hal ini karena dengan berolahara maka bisa membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung di mana menjaga kesehatan keduanya penting dilakukan untuk mencegah kerusakan ginjal.

Baca Juga: 99 Anak Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal Akut, Apakah Benar Dipicu Zat Berbahaya dari Obat Sirop?

2. Kendalikan gula dalam darah

Orang dengan gula darah tinggi atau penderita diabetes, berisiko besar mengalami kerusakan ginjal. Hal ini karena ketika terlalu banyak kadar glukosa (gula) yang ada pada darah, maka kerja ginjal dalam menyaring darah akan semakin berat.

Jika ini terjadi terus-menerus maka bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal yang cukup serius.

3. Perhatikan tekanan darah



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x