Kompas TV nasional kesehatan

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak, Benarkah Hanya gara-gara Obat Sirop Saja?

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 05:05 WIB
penyebab-penyakit-gagal-ginjal-akut-misterius-pada-anak-benarkah-hanya-gara-gara-obat-sirop-saja
Ilustrasi. Penyebab penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada banyak faktor, selain kandungan etilen glikol dalam obat sirop, yang diduga menjadi penyebab banyak anak menderita gagal ginjal akut misterius. Hal itu diungkapkan Hindra Irawan, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RSCM.

Saat ini, Indonesia sedang dihebohkan dengan banyaknya anak yang menderita gagal ginjal akut misterius karena mengonsumsi obat sirop yang diduga mengandung etilen glikol melebihi batas.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Kamis (20/10/2022) kembali mengeluarkan pernyataan yang memberikan informasi sejumlah obat yang diduga mengandung etilen glikol.

Obat tersebut kemudian dilarang dijual dan akan ditarik dari peredaran untuk dimusnahkan.

Obat-obat yang disebutkan oleh BPOM itu sebenarnya bukan obat baru dan sudah beredar lama. Namun, baru saat ini mempunyai efek yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut misterius.

Mengenai hal ini, Hindra menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak menderita penyakit gagal ginjal akut misterius.

"Jadi untuk seseorang mengalami sakit, harus ada gangguan keseimbangan antara daya tahan tubuh, kemudian agen penyebab sakitnya, dan lingkungan," kata Hindra dalam program Kompas Malam, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga: 99 Anak Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal Akut, Apakah Benar Dipicu Zat Berbahaya dari Obat Sirop?

"Kalau dalam keseimbangan, daya tubuh bagus, paparannya tidak terlalu tinggi, lingkungan bersih, ya kita terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa."

"Jika sebaliknya, maka mungkin terjadi kejadian tersebut kepada anak-anak tertentu. Karena itu, enggak semua anak kan yang meminum obat tersebut mengalami kejadian yang sama. Ada yang bisa sembuh, ada yang tidak tertolong, dan itu memang sangat individual," paparnya.

Menurutnya, penyebab gagal ginjal akut pada anak, tak cuma disebabkan oleh satu faktor saja.

"Itu yang sedang dicari. Jadi kelihatannya multi faktor, bukan hanya melulu dari zat yang dicurigai," ujarnya.

Sementara mengenai bagaimana obat bisa menjadi pemicu gagal ginjal dan berakibat fatal, Hindra menjelaskan, hal itu tergantung dari kerentanan anak dan faktor lain yang mungkin belum diketahui.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x