Kompas TV nasional berita utama

Menko Airlangga: Presiden Joko Widodo Minta Seluruh Proyek Strategis Nasional Selesai sebelum 2024

Kompas.tv - 7 September 2022, 03:05 WIB
menko-airlangga-presiden-joko-widodo-minta-seluruh-proyek-strategis-nasional-selesai-sebelum-2024
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta seluruh Proyek Strategis Nasional bisa selesai sebelum tahun 2024. (Sumber: Kemenko Perekonomian)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta agar seluruh Proyek Strategis Nasional (PSN) bisa selesai sebelum tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan Airlangga seusai melakukan Rapat Internal dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (6/9/2022).

Dalam rapat tersebut, dibahas percepatan penyelesaian PSN agar dampaknya bisa segera dirasakan oleh masyarakat.

Tak hanya itu, evaluasi sejumlah PSN juga dilakukan seperti Tol Trans Sumatera, Tol Semarang-Demak, mekanisme pengadaan tanah dengan konsinyasi, dan kepastian PSN bagi proyek infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu juga dievaluasi tentang Bendungan Gerak Karangnongko, Tol Tuban-Lamongan-Gresik, pengembangan Bio-fuel, etanol, methanol di Bojonegoro, usulan PSN untuk Terminal Petikemas Muaro Jambi, revitalisasi rumah susun, serta Pengembangan Lapangan Ubadari, CCUS, dan Compression (Pengembangan LNG Tangguh).

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan arahan bahwa seluruh PSN ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama terkait dengan penciptaan lapangan kerja. Investasi dalam PSN juga tentu memiliki multiplier effect,” kata Menko Airlangga.

Terkait multiplier effect atau efek berganda itu, Airlangga menjelaskan, dalam pembangunan proyek seperti bendungan dan jalan dapat membuka akses yang lebih luas dikarenakan beberapa bendungan berada di wilayah yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat karena ketersediaan air dan irigasi yang lebih baik sehingga bermanfaat untuk program-program pertanian.

Baca Juga: Presiden Berada di Istana Bogor Selama Demo BBM, Setpres Pastikan Jokowi Dengarkan Aspirasi Warga

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga menjelaskan bahwa dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, sebanyak 66 PSN telah tuntas di periode 2019-2021 dengan nilai sebesar Rp414,3 triliun. 

Proyek yang telah diselesaikan tersebut di antaranya berupa bendungan, bandara, jalan, kawasan, kereta, jalan tol, pelabuhan, SPAM, kawasan industri, dan teknologi.

Dalam Rapat Internal itu juga dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait Bendungan Gerak Karangnongko dan Proyek Tol Tuban-Lamongan-Gresik.

Selanjutnya turut diputuskan pula tentang pengembangan biofuel, etanol, dan metanol di Bojonegoro, diperkirakan investasinya sebesar Rp25,7 triliun dan diharapkan financial closing-nya dapat selesai di Q2 tahun 2024. 

Kemudian juga dibahas tentang penyelesaian masalah pembebasan lahan di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Blora serta proyek pabrik pupuk di Fakfak yang direncanakan akan diinvestasikan oleh Pupuk Indonesia dan Pupuk Kaltim dengan nilai investasi sebesar Rp22 triliun untuk memproduksi amonia dan urea.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x