Kompas TV nasional politik

Kemensos Telusuri Penemuan Bansos Presiden Jokowi yang Dikubur di Depok, Ini Hasilnya

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 17:21 WIB
kemensos-telusuri-penemuan-bansos-presiden-jokowi-yang-dikubur-di-depok-ini-hasilnya
Inspektur Jenderal Kemensos Dadang Iskandar saat menjelaskan temuan bansos Presiden Jokowi yang dikubur di Sukmajaya, Depok, Selasa (2/8/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sosial (Kemensos) belum bisa memastikan bantuan sosial (bansos) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dikubur di lapangan di kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, adalah milik Kemensos.

Inspektur Jenderal Kemensos Dadang Iskandar menjelaskan pihaknya telah melakukan penelusuran dan melihat langsung bansos yang ditemukan.

Dari hasil pemantauan sementara diketahui tidak ada stiker atau label yang bertuliskan penyaluran bantuan presiden dari Kemensos.

Baca Juga: Geger! Warga Depok Temukan 1 Ton Paket Sembako Terkubur Dalam Tanah di Kawasan Kalimulya

Dadang menjelaskan, di lokasi penimbunan bansos tersebut, pihaknya juga menemukan paket bantuan berisi telur dan tepung. 

Menurutnya, Kemensos tidak memiliki paket bansos yang berisi telur dan tepung.

Dadang menambahkan, Kemensos memang menyalurkan beras 20 kilogram dan 5 kilogram yang merupakan bantuan dari Presiden Jokowi. Namun paket bantuan yang disalurkan Kemensos sudah diberi label atau stiker Kemensos.

"Kami tidak menemukan label bantuan presiden melalui Kemensos di bansos yang ditemukan tersebut," ujar Dadang saat jumpa pers, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Ungkap Kasus Temuan Beras Bansos, Polisi Sebut Beras yang Dikubur Sebanyak 289 Karung!

Dadang menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait bansos yang diberikan oleh Kemensos.

Di internal Kemensos, kata dia, juga dilakukan audit terkait bansos yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat. Khususnya terkait bansos presiden di Jabodetabek.

Menurut Danang, ada dugaan paket bansos yang dikubur tersebut bukan dari Kemensos, melainkan dari pemerintah daerah yang juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. 

Baca Juga: DPR Desak Kemensos Harus Jelaskan Kondisi Bansos yang Ditimbun



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x