Kompas TV nasional agama

3.154 Jemaah Haji Tiba di Makkah, Ditempatkan di Hotel Paling Dekat 850 Meter dari Masjidil Haram

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 14:24 WIB
3-154-jemaah-haji-tiba-di-makkah-ditempatkan-di-hotel-paling-dekat-850-meter-dari-masjidil-haram
Kepala Biro Humas dan Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Akhmad Fauzin. (Sumber: Youtube Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Per hari ini, Selasa (14/6/2022) ada 3.154 jemaah haji yang telah diberangkatkan dari Madinah dan saat ini sudah tiba di kota kelahiran Nabi Muhammad, yakni Makkah.

Para jemaah haji 2022 di Makkah ditempatkan di beberapa hotel yang jaraknya tak jauh dari masjid suci umat Islam tempat ka'bah berada, yakni Masjidil Haram. 

Paling dekat adalah hotel di wilayah Jarwal, jaraknya sekitar 850 meter dari Masjidil Haram dan paling jauh Syisyah, sekitar 4 kilo meter.

Hal itu diungkap Jubir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

“Jemaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan tiba ke Makkah sampai saat ini sebanyak 8 kloter dengan jumlah 3.154,” terangnya diikuti KOMPAS.TV dari Youtube Kemenag, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Kisah Pemuda Magelang Haji dengan Sepeda, Jadi Sorotan Media Arab, Tempuh 5.000 KM sampai Makkah

Ia juga menjelaskan, Jemaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama ini akan berada di Makkah sampai dengan puncak haji (Arafah – Muzdalifah – Mina) untuk kemudian kembali ke Tanah Air.

Akhmad Fauzin juga menjelaskan bahwa PPIH telah menyiapkan layanan akomodasi jemaah haji Indonesia selama di Makkah.

Menurutnya, hotel jemaah di Makkah terbagi dalam lima wilayah, yaitu: Misfalah (jarak dari Masjidil Haram sekitar 2 km), Mahbas Jin (sekitar 2 km),  Jarwal (sekitar 850 m), Raudhah (sekitar 3,5 km), dan Syisyah (sekitar 4 km).

“Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, musala, mesin cuci dan tempat menjemur pakaian,” papar Fauzin.

Ia juga menjelaskan, para jemaah haji perharinya juga mendapatkan 1 liter air mineral dan juga mendapatkan air zam-zam.

“Disiapkan juga petugas kebersihan dan petugas keamanan akomodasi. Jemaah haji juga akan mendapatkan air zam zam dan air mineral 1 liter per orang setiap harinya,” sambungnya.

Kata Fauzin, untuk hotelnya kualitas layanan akomodasi jemaah haji Indonesia pada tahun ini setara dengan hotel bintang 3.

Baca Juga: Update Haji 2022: Hari Ketujuh, Total 17.612 Jemaah Haji Diberangkatkan Ke Tanah Suci

Karenanya, dia mengimbau jemaah agar dapat menjaga kebersihan kamar dan ruangan lainnya, membuang sampah pada tempatnya, tidak memasak di dalam kamar, tidak merokok di kamar tidur, dan tidak membuat jemuran di kamar. 

“Simpan barang berharga di tempat yang disediakan. Jangan segan bertanya dan berkonsultasi dengan petugas kloter dan sektor jika mendapatkan kesulitan. Ayo patuhi tata tertib yang ada di setiap akomodasi atau hotel,” tegas dia.

Untuk memudahkan aktivitas jemaah beribadah di Masjidil Haram, lanjut Fauzin, pemerintah telah menyediakan bus shalawat. Yaitu, bus yang siap mengantar jemaah ke dan dari Masjidil Haram.

“Layanan ini beroperasi selama 24 jam, sehingga jemaah tidak perlu khawatir dan tidak perlu memaksakan diri dengan berjalan kaki atau naik taksi,” terang Fauzin.

“Jangan lupa pesan kami, kenali hotel atau akomodasinya, catat dan ingat-ingat nomor akomodasinya serta bus shalawatnya,” imbuhnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x