Kompas TV regional agama

Lepas Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Solo, Ganjar: Semoga Menjadi Haji yang Mabrur

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 05:15 WIB
lepas-jemaah-calon-haji-kloter-pertama-embarkasi-solo-ganjar-semoga-menjadi-haji-yang-mabrur
Gubernur Jawa Tengah Ridwan Kamil melepas jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo dar Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jumat (3/6/2022). (Sumber: Antara Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo, Jumat (3/6/2022) malam.

Acara pelepasan tersebut jemaah calon haji asal Kabupaten Pati itu dilakukan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Sebanyak 360 jemaah calon haji tersebut telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Bandara Adi Soemarmo pada Sabtu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Ganjar yang sempat berdialog dengan jemaah mengungkapkan bahwa para calon haji tersebut merasa gembira akhirnya bisa berangkat untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

"Beberapa jemaah calon haji telah mengungkapkan suasana gembira. Mereka bisa berangkat ke Tanah Suci," kata Ganjar dikutip dari Antara.

"Namun, kita juga terima kasih karena semua memerhatikan baik dari DPR RI, Pemerintah Provinsi Jateng dan Kemenag juga komplit datang. Semua mendampingi dan diharapkan bisa berjalan lancar," tuturnya.

Politikus asal PDIP itu juga menceritakan ada jemaah haji yang merupakan seorang pedagang nasi pecel bisa berangkat ke Arab Saudi dengan menabung Rp10.000 per hari.

"Hal ini, tentunya cerita yang membahagiakan sekaligus mengharukan bagaimana semangat mereka untuk beribadah," ujarnya.

Baca Juga: Tinjau Pembangunan Embarkasi Haji Indramayu, Wagub Jabar: Ditargetkan Selesai 2023

Ganjar pun mendoakan kepada seluruh jemaah calon haji bisa menjadi haji yang mabrur setelah melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

"Mudah-mudah mereka menjadi haji yang mabrur dan mereka akan mendoakan Indonesia lebih baik," ucap Ganjar.

Terakhir, Ganjar juga menitipkan pesan untuk para petugas yang mendampingi calon haji untuk terus memantau kesehatan para jemaah.

Apalagi saat ini suhu di Arab Saudi sangat panas sehingga bisa menyebabkan dehidrasi.

"Pada petugas pendamping kloter menjadi penting sekali untuk selalu mengingatkan jemaah. Jemaah calon haji yang belum berangkat siap-siap jaga kesehatannya," imbaunya.

Sementara itu, Embarkasi Solo dalam ibadah haji tahun ini akan memberangkatkan 15.477 jemaah dari Jateng dan D.I Yogyakarta, yang terdiri dari 15.305 jemaah dan 172 petugas haji.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo H. Musta'in Ahmad menjelaskan, jumlah tersebut menurun dari tahun-tahun sebelumnya karena masih adanya pembatasan kuota haji dan petugas haji oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Profil jemaah calon haji tahun ini, jumlah pria sebanyak 44,69 persen dan 55,31 wanita," ungkapnya.

Baca Juga: Siap Terbang Pertama ke Tanah Suci, Ratusan Calon Jemaah Haji Asal Pati Tiba di Embarkasi Solo




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x