Kompas TV nasional peristiwa

Anies Bangun Kerja Sama dengan 2 Perusahaan Prancis Buat Kembangkan MRT Jakarta

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 23:00 WIB
anies-bangun-kerja-sama-dengan-2-perusahaan-prancis-buat-kembangkan-mrt-jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Stasiun MRT ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Selasa 22/1/2020 (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun kerja sama dengan dua perusahaan industri perkeretaapian ternama Prancis dalam pengembangan MRT Jakarta.

Dua perusahaan Prancis yang digandeng Pemprov DKI yakni Alstrom dan Thales.

Kerja sama Pemprov DKI dengan Alstom terkait dengan solusi sistem perkeretaapian yang mencakup skema pengadaan rolling stock, sinyal, infrastruktur serta layanan MRT Jakarta.

Sedangkan bersama Thales terkait solusi teknologi integrasi sistem pertiketan.

Baca Juga: Anies Baswedan Kunjungi 3 Negara di Eropa Bahas Kerja Sama MRT, Berangkat Malam Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kerja sama Pemprov DKI dengan kedua perusahaan Prancis ini sebagai salah satu langkah dalam membangun masa depan transportasi ramah lingkungan yang terintegrasi.

Menurutnya sebagai kota yang baru memulai sistem MRT, tantangan Jakarta dalam mengubah paradigma bermobilitas dari car oriented development menjadi transit oriented development perlu bertukar pengalaman dengan kota-kota lainya. 

Terlebih ke depannya MRT Jakarta akan menjadi tulang pungung perubahan mobilitas masyarakat. Untuk itu tahapan mewujudkan masa depan transportasi perkotaan melalui MRT Jakarta perlu terus dilakukan.

Baca Juga: Di Kepulauan Seribu, Ini Pesan Anies untuk Pemimpin Jakarta Selanjutnya

"Kita harus berpikir jauh ke depan, mendorong perubahan yang lestari dan berkelanjutan. Dalam hal ini, MRT Jakarta akan menjadi tulang punggung dari perubahan mobilitas di Jakarta," ujar Anies dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/5/2022).

"Dari 240 kilometer jaringan MRT yang direncanakan, sekarang baru kita mulai dengan 16 kilometer, untuk itu kerja sama dibutuhkan. Kita ingin bertukar pengalaman dan gagasan dari kota-kota dunia yang sudah lebih dulu mengadopsi sistem mobilitas lestari, seperti Paris," imbuhnya.

Adapun nota kesepahaman kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan dua perusahaan Prancis ini telah dilakukan di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Prancis di Paris, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Anies Baswedan Tawarkan Investasi MRT Pada Delapan Perusahaan Inggris

Penandatanganan nota kesepahaman dengan Alstom dilakukan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar dan Pre-tender Support and Marketing Director Alstom, Didier Valiere. 

Sedangkan nota kesepahaman kerja sama dengan Thales ditandatangani oleh Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar dan VP Managing Director Revenue Collection Systems Ground Transportation Thales, Jean-Marc Reynaud. 

"Dengan Alstom, kita akan melihat kerja sama untuk membangun sistem perkeretaapian perkotaan yang paling tepat untuk Jakarta, baik dari aspek kereta, persinyalan, infrastruktur serta layanan MRT Jakarta. Sedangkan dengan Thales, kita akan menjajaki aspek teknologi dan solusi teknis terkait sistem tiket dan pembayarannya untuk pengembangan MRT Jakarta selanjutnya," ujar William Sabandar.
 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x