Kompas TV nasional peristiwa

Di Kepulauan Seribu, Ini Pesan Anies untuk Pemimpin Jakarta Selanjutnya

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 15:51 WIB
di-kepulauan-seribu-ini-pesan-anies-untuk-pemimpin-jakarta-selanjutnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara Pencanangan HUT DKI Jakarta ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pesan kepada sosok terpilih yang kelak akan melanjutkan estafet kepemimpinannya di Jakarta. Masa jabatan Anies di Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. 

"Buat pembangunan harus dua-duanya, pembangunan kawasan kontinental dan pembangunan kawasan archipelago, ini lah pesan penting dua duanya," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/22). 

Baca Juga: Anies Buka Pencanangan HUT DKI Jakarta ke-495 di Pulau Bidadari, Jelaskan Makna Jakarta Hajatan

Anies berpesan agar tidak hanya membangun kawasan daratan Jakarta tetapi juga membangun kawasan Kepulauan Seribu. 

Selama ini, kata dia, biaya hidup di Kepulauan Seribu kerap tinggi karena mahalnya kebutuhan pokok hingga Perumda Pasar Jaya menyiapkan pasar grosir dengan menjual harga komoditas yang sama dengan harga di daratan Jakarta. 

"Semacam pasar grosir sehingga pedagang di Kepulauan Seribu tidak perlu kulakan (membeli -red) ke Kramat Jati atau ke daratan Jawa," kata Anies. 

Pesan kedua yakni menyiapkan energi listrik yang memadai untuk semua. 

Ketiga, lanjut Anies, yakni siapkan air bersih dengan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) dengan mengolah air laut menjadi air bersih yang digunakan oleh warga. 

"Keempat adalah pembuangan air kotor dan air limbah yang dibangunkan sistemnya," kata Anies. 

Baca Juga: Anies: Jakarta Satu-satunya Kota di Dunia yang Miliki Daratan dan Kepulauan Sekaligus

Selanjutnya, kata Anies, ialah kesehatan dan pendidikan di mana selama beberapa tahun terakhir menjadi perhatian besar di Kepulauan Seribu. 

"Kami berharap siapapun yang nanti mengelola Jakarta akan menempatkan Kepulauan Seribu sebagai bagian penting untuk diperhatikan dan ditumbuhkan karena Jakarta terdiri dari dua kawasan itu," kata dia. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x