Kompas TV nasional sosial

Fakta-Fakta Seputar Masinis, Asal Usul Namanya dan Apa Saja Tugasnya

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 18:20 WIB
fakta-fakta-seputar-masinis-asal-usul-namanya-dan-apa-saja-tugasnya
Ilustrasi: Fakta-fakta mengenai masinis kereta api. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV –  Kamu pasti tidak asing dengan kata masinis. Yup, masinis adalah sebutan bagi orang yang mengemudikan atau mengoperasikan kereta api dan langsiran.  Namun, tugasnya tak hanya itu.

Sebelum mengenal lebih jauh, mari kita bahas tentang asal usul namanya. Nama masinis ini berasal dari bahasa Belanda machinist, yang berarti juru mesin. Disebut masinis karena pada awalnya juru mesin lah yang menjalankan kereta api.

Masinis bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat atau menghentikan laju kereta api. Selain itu harus mengikuti atau mematuhi sinyal kereta api, semboyan, dan menjamin keselamatan kereta api yang dijalankannya.

Melansir dari unggahan akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Perkeretaapian, @ditjenperkeretaapian, berikut fakta-fakta tentang masinis.

1. Kerja tak sekadar gas dan rem

Seorang masinis harus bisa memprediksi lamanya perjalanan, seberapa kencang kereta harus melaju, titik pengereman, hingga mengawasi sinyal di tiap lintasan.

Terkait pengereman kereta harus sesuai dengan titik yang sudah ditentukan. Apabila terlewat, keselamatan para penumpang bisa dalam bahaya.

2. Sehari pulang pergi

Setiap harinya, masinis harus menempuh 2 kereta api (pulang dan pergi) dengan rata-rata durasi perjalanan 6-10 jam.

Kerja dinas tersebut berlaku selama dua hari, sehingga usai menyelesaikan dinas sehari, masinis akan menginap di mes sebelum melanjutkan sisa kereta api mereka.

Baca Juga: Sosok 2 Masinis Perempuan MRT Jakarta, Cerita Kerja di Balik Kabin Hingga Tantangan Jadi Masinis




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x