Kompas TV nasional update

Puncak Arus Balik di Tol Palimanan-Kanci Diprediksi Dimulai Besok hingga 8 Mei

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 09:24 WIB
puncak-arus-balik-di-tol-palimanan-kanci-diprediksi-dimulai-besok-hingga-8-mei
Ilustrasi - Kendaraan melintas di gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat (Sumber: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa/pri)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Aparat kepolisian memprediksi puncak arus balik yang terjadi di ruas Tol Palimanan-Kanci terjadi pada 6 Mei hingga 8 Mei 2022 mendatang. 

Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas agar tak terjadi kepadatan kendaraan. 

Langkah yang akan diterapkan nantinya seperti memberlakukan sistem satu arah di Tol Palimanan-Kanci.

Baca Juga: Arus Balik, Polda Lampung Siapkan Jalur Khusus Pemudik Sepeda Motor di Pelabuhan Bakauheni

"Jadi prediksi arus balik Lebaran itu pada tanggal 6, 7, 8 dan nanti berdasarkan instruksi Korlantas Polri akan diberlakukan 'one way' (satu arah)," kata Fahri seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/5/2022). 

Ia menjelaskan, nantinya pengendara mobil dari Jakarta menuju ke kawasan Jawa Tengah akan dialihkan untuk menggunakan jalur Pantura.
 
"Kami akan mengantisipasi, terutama yang berasal dari 'one way' adalah dari jalan pantura arteri yang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah," kata dia.
 
Ia menyebut, pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan berbagai polres terkait.

"Oleh karena itu kami sudah berkoordinasi dengan polres-polres terkait, Polresta Cirebon untuk melakukan pola-pola pengalihan arus apabila terjadi kepadatan di pantura arteri," ujarnya.

Baca Juga: Puncak Arus Balik di Pelabuhan Telaga Punggur Diprediksi Terjadi Mulai Kamis, 5 Mei 2022

Ia menambahkan, kebijakan sistem satu arah nanti belum bisa dipastikan waktunya. 
 
"Kalau 'one way' semua terintegrasi, jadi dimulai dari Kalikangkung sampai dengan ke arah Cikatama, sampai dengan ke arah Jakarta, itu terintegrasi. Itu akan ada instruksi dari Korlantas Polri, informasinya dimulai pada tanggal 6, sampai dengan berakhir di tanggal 9," ujarnya.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x