Kompas TV nasional peristiwa

Seberangkan 760.911 Pemudik ke Sumatera, ASDP Apresiasi Dukungan dari Seluruh Stakeholder

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 01:05 WIB
seberangkan-760-911-pemudik-ke-sumatera-asdp-apresiasi-dukungan-dari-seluruh-stakeholder
Suasana antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Sabtu (30/4/2022) pagi. (Sumber: KOMPAS.com/Rasyid Ridho)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di lintas Merak-Bakauheni, Ketapang - Gilimanuk, dan seluruh lintasan terpantau nasional lainnya. 

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyatakan, terselenggaranya layanan Angkutan Lebaran 2022 khususnya di lintas Merak-Bakauheni berkat dukungan dan sinergi seluruh pihak.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada konsumen yang telah dengan tertib membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dikarenakan tiket kami sudah bisa dibeli 60 hari sebelumnya."

"Selain itu, apresiasi juga disampaikan kepada seluruh stakeholder atas koordinasi yang baik selama pelaksanaan arus mudik. Kami berharap kerja sama ini bisa diteruskan dalam pelayanan arus balik," tutur Ira melalui rilis resmi yang diterima KOMPAS.TV, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: Kemacetan di Merak Menurun Drastis, Jubir Kemenhub Jelaskan Penyebabnya

Ia menyebut, selama penyelenggaraan layanan Angkutan Lebaran, ASDP bekerja sama dan melakukan koordinasi aktif dengan Kementerian Perhubungan (BPTD dan KSOP), Kementerian BUMN, Kepolisian Republik Indonesia, Gapasdap, INFA, KSKP, dan pihak terkait lainnya.

ASDP dan stakeholder selalu mengupayakan solusi untuk mengurai antrean dan memastikan layanan Angkutan Lebaran pada arus mudik tetap berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat.

"Inisiasi peningkatan kapasitas dermaga oleh Kementerian Perhubungan melalui penambahan operasi dermaga di Ciwandan, Indah Kiat, dan Bojonegara menjadi salah satu langkah solutif untuk mengatasi antrean yang terjadi di puncak arus mudik kemarin," ujarnya.

Berdasarkan data dan pantauan selama arus mudik, tren pemudik alami penurunan, dimana puncak arus mudik mencapai total 37 ribu kendaraan saat H-3 Lebaran atau naik 30 persen dibandingkan 2019, dan sebanyak 36 ribu kendaraan pada H-2.

Adapun puncak arus mudik pada tahun 2019 jumlah kendaraan tertinggi sebanyak 28 ribu kendaraan.

Sementara dari hasil pemantauan ASDP tercatat masih banyak konsumen yang membeli tiket secara mendadak pada hari keberangkatan sehingga hal ini berdampak terhadap kelancaran pelayanan di pelabuhan. 

Baca Juga: Kepadatan Antrean Kendaraan Pemudik di Pelabuhan Merak Mulai Mencair di H-1 Lebaran




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x