Kompas TV nasional peristiwa

Mudik Lebaran 2022, Pemerintah Tambah 150 Toilet di Area Rest Area Tol Trans-Sumatera

Kompas.tv - 27 April 2022, 21:30 WIB
mudik-lebaran-2022-pemerintah-tambah-150-toilet-di-area-rest-area-tol-trans-sumatera
Ilustrasi rest area di jalan tol. (Sumber: bpjt.pu.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menambah sebanyak 150 unit toilet di seluruh area peristirahatan atau rest area di Jalan Tol Trans Sumatera dalam Mudik Lebaran 2022.

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono merinci, tambahan sebanyak 150 unit toilet itu dibagi menjadi 100 untuk rest area tipe A dan 50 untuk rest area tipe B.

"Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ini panjangnya mencapai 690 kilometer, dan untuk yang ada di Lampung-Sumatera Selatan telah beroperasi sepanjang 389 kilometer ini menjadi perhatian kita juga," tuturnya dikutip dari Antara, Rabu (27/4/2022).

Triono mengatakan, penambahan kapasitas fasilitas primer ini bisa membantu mengatasi antrean pemudik yang ingin menggunakan jika terjadi peningkatan.

"Ini jadi bentuk memberi pelayanan dan kenyamanan dengan menyediakan lebih dari 1.000 unit toilet di rest area pada periode mudik Lebaran," tambah dia.

Baca Juga: Tiket Kereta Jarak Jauh pada H-5 Lebaran Hari Ini Sudah Habis Terjual

Penambahan fasilitas toilet juga dilakukan oleh pengelola Pelabuhan Bakauheni. General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Suharto mengatakan, sebanyak 80 unit toilet portabel di lingkungan pelabuhan.

"Untuk mengantisipasi penumpukan pengguna toilet, maka akan ada penambahan 80 unit toilet portabel di lingkungan pelabuhan," kata Suharto.

Senada dengan BPJT, penambahan toilet yang dilakukan ini untuk mengantisipasi penumpukan penumpang pada arus mudik dan arus balik mendatang.

"Kita antisipasi adanya penumpukan penumpang, dan memang toilet ini jadi salah satu kebutuhan primer bagi kita jadi perlu diperhatikan juga," tutup dia.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Besok, Pemudik dari Sumatera Tujuan Timur Jawa Diimbau Tak Masuk Rest Area KM 57



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x