Kompas TV nasional hukum

Bupati Bogor Ade Yasin Ditangkap KPK, Ini Respons Kemendagri

Kompas.tv - 27 April 2022, 14:27 WIB
bupati-bogor-ade-yasin-ditangkap-kpk-ini-respons-kemendagri
Bupati Bogor Ade Yasin. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyesalkan adanya kepala daerah yang kembali terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Hal ini menanggapi diciduknya Bupati Bogor Ade Yasin oleh lembaga antirasuah lantaran yang bersangkutan diduga melakukan tindak pidana korupsi. 

"Kemendagri sangat menyesalkan hal itu (OTT) terjadi. Dengan kejadian tersebut tentunya akan menambah jumlah kepala daerah yang tersangkut permasalahan hukum," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kemendagri Benni Irwan kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Bupati Ade Yasin Ditangkap KPK, Akitivitas Kedinasannya Diambil Alih Wakil Bupati dan Sekda

Ia memastikan pihaknya akan selalu menghormati proses hukum yang sedang diselidiki oleh KPK kepada Bupati Bogor Ade Yasin. 

Selain itu, meski orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu ditangkap KPK, tapi pelayanan masyarakat di Pemerintah Kabupaten Bogor dipastikan tak akan terganggu.

"Kemendagri menghormati proses penegakan hukum yang akan dilakukan oleh aparat penegak hukum (KPK) dan juga akan mengikuti proses hukum dimaksud untuk memastikan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah tidak terganggu," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya menunggu proses hukum di KPK untuk melakukan proses adminitrasi selanjutnya di Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Jadi kita ikuti proses hukum dulu sebelum mengambil langkah administrasi lainnya," katanya. 

Sebelumnya, KPK melakukan OTT di Jawa Barat. Dalam kegiatan itu, KPK menangkap Bupati Bogor Ade Yasin dan beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat. 

“Benar, tadi malam sampai pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada Kompas.com, Rabu (27/4/2022). 

Baca Juga: Bupati Bogor Ade Yasin dan Sejumlah Pihak Ditangkap KPK untuk Kasus Suap

"Selain Bupati Kabupaten Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya,” ucap dia. 

Ali mengatakan, giat tangkap tangan itu dilakukan sejak Selasa (26/4/2022) malam, hingga pagi Rabu pagi. 
 
“Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan karena ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap,” ucap Ali. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x