Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Iryna Venediktova, Jaksa Agung Ukraina yang Bidik Penjahat Perang di Pemerintahan Vladimir Putin

Kompas.tv - 23 April 2022, 09:15 WIB
iryna-venediktova-jaksa-agung-ukraina-yang-bidik-penjahat-perang-di-pemerintahan-vladimir-putin
Jaksa Agung Ukraina Iryna Venediktova di kantornya di Lviv, 22 Maret 2022. Venediktova kini memimpin proses pengumpulan bukti dan penuntutan atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan Rusia di Ukraina. (Sumber: Tom Jennings/Frontline via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LVIV, KOMPAS.TV - Iryna Vendiktova baru dilantik sebagai Jaksa Agung Ukraina pada Maret 2020. Kurang dari dua tahun kemudian, Venediktova mesti menghadapi tugas besar di tengah perang: mengumpulkan bukti untuk menjerat Vladimir Putin dan pasukannya atas kejahatan di Ukraina.

Dugaan kejahatan perang Rusia di Ukraina tengah diinvestigasi berbagai pengadilan di dunia, termasuk Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Namun, sebagian besar penuntutan agaknya akan dipimpin oleh Ukraina sendiri.

Sebagai jaksa agung, Venediktova memimpin proses ini. Dan bagi Venediktova, proses penuntutan ini personal.

“Saya melindungi kepentingan publik warga Ukraina. Dan sekarang saya tahu bahwa saya tidak bisa melindungi anak-anak yang mati ini. Bagi saya, itu menyakitkan,” kata Venediktova kepada Associated Press.

Jaksa Agung berusia 43 tahun itu tadinya profesor hukum. Kesibukannya bertambah setelah Rusia meluncurkan invasi pada 24 Februari silam. Dengan mengenakan rompi anti-peluru, Venediktova selalu bekerja lebih awal dari jadwal dan baru berhenti saat larut malam.

Baca Juga: Tak Hanya Donbass, Rusia Ternyata Incar Wilayah Selatan Ukraina Menuju Transnistria di Moldova

Kantor Kejaksaan Agung Ukraina kini tengah menangani lebih dari 8.000 investigasi kejahatan terkait perang dan mengidentifikasi lebih dari 500 tersangka, termasuk menteri-menteri Rusia, komandan militer, serta propagandis.

Pekerjaan sehari-hari Venediktova adalah berbicara dengan pejabat luar negeri serta donor, mengoordinasi upaya investigasi dan mencari dukungan.

Ia juga bertolak ke kota-kota Ukraina, mengunjungi pusat pengungsian di seantero negeri dan di perbatasan, di mana kantornya menempatkan jaksa untuk mencari testimoni dari pengungsi Ukraina dan mengubahnya menjadi barang bukti.

“Fungsi utama hukum adalah untuk melindungi dan mengompensasi. Saya harap kami bisa melakukannya, karena itu (hukum) kini hanya sebatas kata-kata indah, tak ada lagi hukum di sini,” kata Venediktova.

“Itu adalah kata-kata yang sangat indah. Saya ingin membuatnya berlaku,” lanjutnya.

Wawancara dengan penyintas bisa memakan waktu berjam-jam. Jaksa menanyai penyintas seperti apa seragam tentara pelaku, seperti apa lencana yang mereka pakai.

Venediktova berharap, petunjuk-petunjuk kecil seperti itu dapat memberi tautan untuk membidik tersangka yang lebih besar, lebih bertanggung jawab, yakni para pemimpin Rusia, tak terkecuali Vladimir Putin.

Pekan lalu, di Lviv, Venediktova mewawancarai sendiri penyintas yang selamat dari artileri Rusia. Namanya, Ala, berusia 34 tahun, enggan nama keluarganya dirilis karena putrinya masih terjebak di daerah yang diduduki pasukan Rusia.

Ala berjanji akan membawakan fragmen mortir yang menghancurkan apartemennya di Vorzel, daerah pinggiran Kiev. Ia menyimpan serpihan metal itu, sebagai pengingat atas momen keselamatannya, juga sebagai bukti.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x