Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Peringatan Zelensky, Dunia Harus Siap Putin Memulai Perang Nuklir

Kompas.tv - 17 April 2022, 12:14 WIB
peringatan-zelensky-dunia-harus-siap-putin-memulai-perang-nuklir
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky peringatkan dunia harus bersiap Putin bakal memulai perang nuklir, Jumat (15/4/2022). (Sumber: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memberikan peringatan agar seluruh dunia siap Presiden Rusia, Vladimir Putin memulai perang nuklir.

Menurut Zelensky, Putin amat mungkin menggunakan senjata nuklir dalam perangnya di Ukraina.

Zelensky menegaskan saat berbicara dengan CNN, Jumat (15/4/2022), Putin bisa menggunakan senjata nuklir atau kimia karena ia tak menghargai nyawa rakyat Ukraina.

“Bukan hanya saya, tapi seluruh dunia, seluruh negara harus khawatir karena bisa jadi itu adalah kebenaran,” ujarnya.

Baca Juga: Rusia Diyakini akan Lakukan Fase Kedua Serangan Militer Pekan Depan, Ukraina Mulai Kehabisan Amunisi

“Senjata kimia, mereka bisa melakukannya, dan akan melakukannya. Bagi mereka nyawa manusia itu tak penting. Itu sebabnya. Kita tak boleh takut, tetapi harus siap. Namun ini bukan hanya pertanyaan untuk Ukraina, tetapi seluruh dunia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Zelensky berbicara tentang kapal perang Rusia yang tenggelam.

Ia juga membicarakan mengenai korban jiwa yang harus diterima pasukannya, serta korban emosional dari perang yang ia dan rakyatnya rasakan.

Pejabat AS sebelumnya telah memperingatkan terkait kemungkinan jika Putin yang merasa terpojok akan menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Baca Juga: Ukraina Marah Atas Prosesi Jumat Agung Paus di Vatikan, Disebut Tak Pantas dan Ambigu

Direktur CIA, Bill Burns, pada Kamis (14/4/2022), telah menegaskan CIA memperhatikan sangat serius atas kemungkinan tersebut.

Namun, ia menekankan bahwa AS belum melihat tanda-tanda bahwa Rusia sedang bersiap untuk mengambil langkah seperti itu.

“Mengingat potensi putus asanya Presiden Putin dan kepemimpinan Rusia, serta kemunduran yang mereka hadapi sejauh ini secara militer, tak ada dari kita yang dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis,” katanya.



Sumber : CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x