Kompas TV nasional sosial

Wow! Pemprov DKI Sediakan 19.680 Tiket Gratis Mudik dan Balik Jakarta, Simak Syaratnya

Kompas.tv - 16 April 2022, 04:45 WIB
wow-pemprov-dki-sediakan-19-680-tiket-gratis-mudik-dan-balik-jakarta-simak-syaratnya
Ilustrasi angkutan bus untuk arus mudik. (Sumber: KompasTV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 19.680 tiket mudik gratis untuk Lebaran 2022.

Sebanyak 19.680 tiket mudik gratis tersebut diperuntukan bagi warga Jakarta untuk tujuan 17 kota dan kabupaten pada lima provinsi di Pulau Sumatera dan Jawa.

Oleh karena itu, Riza Patria pun mengimbau kepada masyarakat Jakarta yang akan mudik gratis untuk terus memantau informasi.

"Pantau terus dan jangan sampai terlewatkan," ujar Ahmad Riza Patria sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (16/4/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo merinci 17 kota dan kabupaten pada lima provinsi di Pulau Sumatera dan Jawa yang menjadi tujuan mudik gratis lebaran 2022.

Baca Juga: KPK: Penggunaan Kendaraan Dinas untuk Mudik Termasuk Tindakan Koruptif

Antara lain yaitu Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo.

Kemudian, Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Syafrin lebih lanjut menambahkan, jadwal arus mudik dilaksanakan pada 26 April di Terminal Pulogadung dan 27 April di Terminal Pulo Gebang.

Sementara untuk jadwal arus balik, dilaksanakan pada 7 Mei dari masing-masing lokasi menuju Terminal Pulogadung dan pada 8 Mei menuju Terminal Pulo Gebang.

Bagi warga Jakarta yang ingin mudik gratis, kata Syafrin, dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman di www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp ke nomor 08-123-188-5758.

Dalam keterangannya Syafrin mengatakan, mudik gratis Lebaran 2022 hanya diperuntukan bagi warga yang memiliki KTP DKI Jakarta. Nantinya, setiap calon peserta dapat mendaftarkan maksimal empat orang per kartu keluarga (KK).

Baca Juga: Pemerintah Didesak Selesaikan Perbaikan Jalur Pantura Sebelum Arus Mudik Berlangsung

Selain itu, lanjut Syafrin, mudik gratis Lebaran 2022 diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis tiga (booster) dan berencana mudik serta balik ke DKI Jakarta menggunakan sepeda motor.

Untuk dapat memfasilitasi warga Jakarta mudik gratis, Syafrin mengatakan Pemerintah Provinsi DKI menyiapkan 492 unit bus dan 31 truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik para pemudik.

Truk itu terdiri dari 22 truk berangkat saat arus mudik dan sembilan truk lainnya untuk melayani arus balik.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x