Kompas TV nasional sosial

Menko PMK Muhadjir: Jangan Sampai Mudik Membawa Oleh-Oleh Virus

Kompas.tv - 13 April 2022, 19:55 WIB
menko-pmk-muhadjir-jangan-sampai-mudik-membawa-oleh-oleh-virus
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Efendy dalam konferensi pers virtual evaluasi PPKM, Senin (1/11/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV/Nurul)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat untuk mempersiapkan mudik dengan sebaik mungkin.

Muhadjir menyatakan persiapan jelang mudik tidak hanya kendaraan dan kesehatan, vaksin Covid-19 hingga dosis ketiga atau booster juga penting sebagai bekal berangkat mudik Lebaran 2022.

Terlebih arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan sangat besar. Dalam catatannya sekitar 80 juta orang pemudik diprediksi akan pulang ke kampung halaman.

Baca Juga: Polri Kerahkan 166 Ribu Personel Kawal Mudik Lebaran 2022, Disebar ke Titik-titik Ini

"Pesan saya kepada masyarakat siapkan bekal untuk berangkat, kondisi kendaraannya, keamanan dirinya terutama terhadap ancaman Covid-19. Jangan sampai datang ke tempat mudik membawa oleh-oleh virus," ujar Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/4/2022).

Muhadjir menambahkan pemerintah juga telah mengantisipasi arus mudik dengan persiapan keamanan, membuat posko kesehatan hingga sentra vaksinasi. 

Misalnya untuk jalur darat dirancang prasarana jalan dan rest area yang baik di jalan tol, menyiapkan SPBU Mobile. 

Untuk jalur laut, dirancang perjalanan kapal-kapal penumpang yang besar untuk diprioritaskan. Untuk jalur udara dibuka landasan tambahan untuk pesawat terbang.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal: Ini Jalur Alternatif Mudik Lebih Cepat Sampai Tujuan

Kemudian di wilayah-wilayah tempat pemberangkatan mudik seperti Jabodetabek, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan kota-kota besar di Jawa Timur (Jatim) dan kota luar Jawa termasuk Medan, Makassar, dan sekitarnya akan dibuka sentra vaksinasi bagi pemudik.

Selain itu tempat tujuan mudik juga disiapkan. Menurut Muhadjir, pemerintah tetap menggencarkan vaksin Covid-19 untuk masyarkat di semua sektor, semua bagian dan memanfaatkan momentum ramadan untuk mengadakan vaksinasi ramadan.

Dengan vaksin lengkap, diharapkan dapat melindungi kesehatan para pemudik, dan juga keluarga sanak saudara di kampung halaman agar tidak terjadi penularan virus.

Baca Juga: Persiapan Mudik Lebaran 2022, Menteri Basuki Sebut Jalan Nasional di Pulau Jawa Mantap 94,2 Persen

"Kita harapkan setelah Lebaran justru Covid-19 ini akan semakin turun dan kita akan memasuki masa endemi," ujar Muhadjir.
 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x