Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Catat! Memanaskan Ulang 7 Makanan Ini untuk Sahur Ternyata Berbahaya

Kompas.tv - 8 April 2022, 17:23 WIB
catat-memanaskan-ulang-7-makanan-ini-untuk-sahur-ternyata-berbahaya
ilustrasi nasi (Sumber: FREEPIK/XB100 via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak sedikit orang yang merasa kerepotan menyiapkan makanan untuk sahur baik karena rasa kantuk maupun waktu yang terbatas. Sehingga banyak yang memilih untuk memanaskan ulang makanan yang sudah ada.

Namun ternyata tidak semua menu makanan layak disantap ketika dihangatkan kembali. Bukannya menyehatkan, justru malah menimbulkan efek negatif.

Dikutip dari Grid.ID, berikut tujuh makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang.

1. Nasi

Ternyata nasi termasuk dalam kategori makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Jika nekat memanaskan nasi, bisa berisiko keracunan.

Di dalamnya terkandung bakteri resistan Bacillus Cereus. Kondisi panas membunuh bakteri ini sekaligus menghasilkan spora beracun. Spora itu bisa berkembang biak dan menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi.

2. Ayam

Kandungan protein dalam bahan pokok ini benar-benar berubah saat dikeluarkan dari lemari es untuk dipanaskan, sehingga bisa mengakibatkan masalah pada sistem pencernaan.

Baca Juga: Mencicipi Kopi yang Dipanaskan dengan Bara di Balikpapan

3. Kentang

Kentang yang kaya akan vitamin B6, kalium, dan vitamin C jika dipanaskan ulang akan menghasilkan Clostridium Botulinum (bakteri penyebab Botulisme).

Untuk menghindari tumbuhnya bakteri, simpan dalam lemari es dan buang jika tidak dikonsumsi dalam satu sampai dua hari.

4. Jamur

Memanaskan jamur akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas. Jika menyimpan jamur untuk disantap di hari berikutnya, pastikan makan dalam keadaan dingin.

5. Minyak zaitun

Salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 adalah minyak perasan dingin, seperti minyak zaitun. Lemak omega-3 sangat sensitif terhadap suhu dan menjadi tengik di atas 40 derajat Celsius.

6. Sayuran dengan nitrat tinggi

Hindari memanaskan ulang bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak, hingga seledri. Sayuran kaya nitrat ini bisa berubah menjadi racun dan melepaskan sifat karsinogenik, yang umumnya bersifat kanker.

Bayam mengandung banyak zat besi, sehingga memanaskannya kembali dapat mengoksidasi zat besi yang ada di dalamnya.

Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas yang diketahui menyebabkan banyak penyakit, termasuk kemandulan dan kanker.

Baca Juga: Awas! Makanan Ini Jangan Dipanaskan Lagi

7. Telur

Telur yang kaya protein ternyata bisa menyebabkan kerusakan serius ketika dipanaskan ulang. Sebaiknya segera makan telur yang sudah matang. Apabila ingin disimpan, jangan dipanaskan kembali ketika akan dimakan.

Makanan protein tinggi mengandung nitrogen yang akan teroksidasi jika dipanaskan kembali dan dapat menyebabkan kanker.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Kesehatan

4 Manfaat Miso untuk Kesehatan

23 Oktober 2024, 03:00 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x