Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Lepas Ekspor Pinang Biji: Kita Harapkan Ini akan Menjadi Salah Satu Komoditas Unggulan

Kompas.tv - 7 April 2022, 13:45 WIB
jokowi-lepas-ekspor-pinang-biji-kita-harapkan-ini-akan-menjadi-salah-satu-komoditas-unggulan
Presiden Joko Widodo melepas ekspor komoditas biji pinang sebanyak 7 kontainer dari Jambi, Kamis (7/4/2022) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAMBI, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo melepas ekspor komoditas biji pinang sebanyak 7 kontainer dari Jambi.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau pabrik pinang sekaligus melepas ekspor komoditas pinang biji di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (7/4/2022).

“Saya mengunjungi Provinsi Jambi, dan akan melepas 7 kontainer untuk ekspor komoditas pinang biji,” kata Presiden Jokowi.

“Untuk diketahui bahwa di seluruh tanah air ada 152 ribu hektar lahan kita yang ditanami pohon pinang dan 20 ribu hektar nya berada di Provinsi Jambi,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Minta BLT Minyak Goreng Selesai Disalurkan Seminggu Sebelum Lebaran

Presiden Jokowi mengatakan pinang biji adalah sebuah komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan di Thailand, Iran, India, China, dan Pakistan. Oleh karena itu, Presiden Jokowi berharap ekspor komoditas biji pinang dapat dilakukan dalam jumlah yang lebih besar.

“Kita harapkan ini akan menjadi sebuah komoditas ekspor dalam jumlah yang besar dan tidak hanya menggantungkan kepada pohon-pohon pinang yang ada,” ujarnya.

“Tadi saya sudah perintahkan kepada Menteri Pertanian untuk menyiapkan varietas yang unggul yang baik, yang memiliki kualitas yang bagus nantinya, bijinya, yang kita harapkan kita bisa mengekspor dalam jumlah yang lebih besar lagi,” tambahnya.

Sebab di tahun 2021, sambung Presiden Jokowi, ekspor komoditas biji pinang mencapai lebih dari Rp5 Triliun.

Baca Juga: Pengamat soal Jokowi Minta Stop Suarakan Tunda Pemilu: Jangan Dilihat Isu Ini akan Berakhir

“Ini sebuah jumlah yang sangat besar sekali dan sangat baik memberikan income kepada petani-petani dan kita harapkan ini akan menjadi salah satu juga komoditas unggulan kita, kalau kita kelola dengan manajemen modern, manajemen yang lebih baik,” katanya.

Sebagai informasi, setelah melepas ekspor komoditas biji pinang sebanyak 7 kontainer dari Jambi. Presiden Jokowi dan rombongan akan menuju Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, untuk melakukan peninjauan Candi Kedaton.

Dalam perjalanan menuju KCBN Muaro Jambi, Presiden turut diagendakan untuk meninjau proyek peningkatan kualitas jalan akses Candi Muaro Jambi dan Pelabuhan Muara Sabak.

Baca Juga: Ke Jambi, Jokowi Beri BLT Minyak Goreng hingga Tinjau Pabrik Pinang

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Jambi, Presiden dan Ibu Iriana akan kembali menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat penerima manfaat di Pasar Bedug, Kota Jambi.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jambi adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, serta Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x