Kompas TV cerita ramadan cerita

Pemprov DKI Berencana Gelar Takbiran dan Salat Idulfitri 1443 Hijriah di JIS

Kompas.tv - 4 April 2022, 02:05 WIB
pemprov-dki-berencana-gelar-takbiran-dan-salat-idulfitri-1443-hijriah-di-jis
Pemprov DKI Jakarta berencana untuk menggelar Takbiran dan Salat Idulfitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS). (Sumber: Antara)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk menggelar Salat Idulfitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS).

Ibadah Salat Id tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan #RayakanKebersamaan yang digelar selama bulan Ramadan.

Selain bertujuan untuk mempererat kebersamaan, kegiatan tersebut nantinya sekaligus untuk mengenalkan JIS yang menjadi ikon baru untuk Ibu Kota.

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Itu salah satunya," kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Gunas Mahdianto dikutip dari Antara, Minggu (3/4/2022). 

Namun belum dijelaskan secara rinci apakah Salat Id dilakukan di dalam area stadion atau di luar stadion. 

Tak hanya Salat Id, Pemprov DKI juga akan menggelar Festival Malam Takbiran di JIS, sehari sebelum hari raya.

Pembangunan mega proyek Stadion JIS sendiri saat ini hampir rampung dengan pencapaian pembangunan 98 persen per hari ini. 

Baca Juga: Kebersamaan Umat Muslim di Amerika Serikat Sambut Ramadan 1443 H

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriah, Pemprov DKI memang telah menyiapkan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan bulan suci. 

Sebelumnya telah diadakan munggahan Ramadan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4/2022) kemarin.

Berbagai hiasan seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadan juga akan tertata rapi di ruang publik yang ada di lima wilayah kota administrasi Jakarta. 

Untuk menggairahkan UMKM, Ramadhan Market dan Jazz Festival akan digelar di Lapangan Banteng pada 11-24 April 2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga dijadwalkan mengunjungi masjid/pondok pesantren di sejumlah lokasi, hingga kegiatan 30 hari khatam Al-Qur'an selama Ramadan.

Ada pula kegiatan berbagi hidangan buka puasa yang dilakukan setiap hari dengan minimal 50 ribu bungkus yang dibagikan ke masjid, musala, halte TransJakarta serta ruang publik lainnya. 

Duta Imam Salat Tarawih pun sudah mengutus 200 orang terbaik yang telah diseleksi untuk menjadi Imam Shalat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April-1 Mei 2022.

Baca Juga: Kampung Ramadan Jogokariyan di Yogyakarta Kembali Dibuka, Tersedia Aneka Ragam Takjil Pilihan

 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x