Kompas TV regional agama

Anies-Ganjar Jadi Penceramah Tarawih, Masjid UGM Pastikan Tak Ada Kaitan dengan Politik Praktis

Kompas.tv - 1 April 2022, 14:07 WIB
anies-ganjar-jadi-penceramah-tarawih-masjid-ugm-pastikan-tak-ada-kaitan-dengan-politik-praktis
Kolase foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Keduanya diundang menjadi pembicara selepas salat tarawih di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta. (Sumber: Tribun Timur)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Takmir Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Rizal Mustansyir membenarkan pihaknya mengundang sejumlah tokoh nasional seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi penceramah selepas salat tarawih.

Selain kepala daerah, terdapat pula sejumlah tokoh lainnya seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf, hingga Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. 

Meski demikian, Rizal menegaskan bahwa pemilihan tokoh sebagai penceramah tidak ada kaitannya dengan isu politik praktis.

Meskipun menurut dia, sebenarnya soal politik sendiri tidak menjadi masalah. Namun yang dihindari adalah politik praktis itu sendiri.

"Di sini kita tidak bicara soal politik praktis, melainkan terkait ilmu politik dan ini kan tidak masalah, bahkan diajarkan di perguruan tinggi. Ilmu politik itu untuk menentukan kebijakan," kata Rizal saat dihubungi Kompas.TV, Jumat (1/4/2022). 

"Ini politik dalam arti murni, tentu ada terkontaminasi dengan pandangan-pandangan sangat pribadi. Itu biasa, tapi bukan dalam arti politik praktis kita mewakilkan, enggak sama sekali," tegasnya.

Dia kemudian menambahkan, alasan mengundang tokoh-tokoh tersebut adalah karena mereka merupakan akademisi.

Baca Juga: Masjid UGM soal Alasan Undang Anies, RK, Ganjar hingga Mahfud MD Jadi Penceramah Tarawih

"UGM itu, terutama Masjid Kampus UGM, tidak mengibarkan bendera partai, sedikit pun tidak, murni akademi," ungkap Rizal. 

Di sisi lain, Rizal mengaku belum dapat memastikan seluruh tokoh dapat hadir sebagai pembicara tarawih di Masjid Kampus UGM, mengingat ada beberapa yang masih dalam proses konfirmasi.

"Ada beberapa yang masih dalam konfirmasi," ujarnya. 

Kendati demikian, Rizal menuturkan, pihaknya juga telah memberikan alternatif lain bagi para tokoh yang tidak dapat hadir langsung di tempat, yakni dengan mengirimkan file video terkait ceramahnya kepada pihak Masjid Kampus UGM.

"Karena protokol kesehatan masih diterapkan, jadi kita berikan alternatif, kalau tidak bisa hadir, bisa mengirim videonya supaya jemaah bisa mendengar langsung," kata dia.

"Bahkan Pak Anies Baswedan menyanggupi, kalau tidak datang, akan kirim videonya," imbuh Rizal. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Pembicara Tarawih Ramadan Masjid Kampus UGM: Ada Ganjar, Anies, RK hingga Mahfud MD

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x