Kompas TV religi beranda islami

Begini Kondisi Psikologis orang yang Gemar Berdoa

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 12:00 WIB
begini-kondisi-psikologis-orang-yang-gemar-berdoa
Ilustrasi berdoa. Begini kondisi psikologis orang yang gemar berdoa (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenapa sih umat Islam disuruh berdoa, apa efeknya bagi tubuh orang yang berdoa tersebut?

Dosen Psikologi dari UIN Surakarta, Ahmad Saifudin, menyebut doa bisa sangat berpengaruh pada psikologis dan diri seseorang.

“Doa bisa berpengaruh pada kondisi psikologis seseorang. Hal ini disebabkan di dalam doa, ada rasa kepasrahan kepada Tuhan. Dalam hidup ini, ada wilayah manusia dan wilayah Tuhan. Wilayah manusia adalah berusaha, sedangkan wilayah Tuhan adalah hasil,” paparnya saat dihubungi KOMPAS TV, Selasa (29/3/2022).

Pria yang mengajar di program studi Tasawuf dan Psikoterapi itu lantas menjelaskan, terkadang usaha kerap tidak terhubung langsung dengan hasil. Untuk doa menjadi relevan bagi seseorang. 

Maka dari itu, lanjut penulis buku Psikologi Agama (Prenada Media, 2020) itu, doa bisa jadi sangat berpengaruh pada psikis seseorang.

“Sedangkan, usaha tidak selalu berkorelasi dengan hasil karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi hasil. Selain itu, juga ada banyak hal yang berkaitan dengan hasil dan itu tidak bisa dikendalikan oleh manusia sendiri. ketika manusia berdoa, akan ada kepasrahan di dalam dirinya," tuturnya. 

“Manusia menyerahkan berbagai hal yang tidak bisa dikendalikannya kepada Tuhan. Sehingga, stresor atau beban psikologisnya menjadi ringan,” tambahnya.

Baca Juga: Bacaan Doa Nabi Muhammad, Dibaca agar Rezeki Tidak Seret

Ada Optimisme Ketika Gemar Berdoa 

Saifudin lantas menjelaskan, hal ini berbeda jika manusia tidak berdoa dan pasrah, maka beban psikologisnya menjadi berat.

Dalam doa, terdapat sebuah hal lain yang sangat krusial. Doa juga bisa memperbesar optimisme.

“Hal ini disebabkan di dalam doa, manusia mengharap kepada Tuhan. Pengharapan ini kemudian memunculkan keyakinan kuat bahwa di dalam setiap peristiwa di kehidupan selalu ada campur tangan Tuhan,” paparnya.  

Keyakinan semacam ini, lanjutnya, yang kemudian menyebabkan manusia siap dengan setiap dampak dari peristiwa di dalam kehidupan.

“Sehingga, secara psikologis tidak akan rentan dengan gangguan psikologis," tambahnya. 

Dalam Islam sendiri, doa disebut sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Allah SWT.  Dalam Alquran juga terdapat ayat-ayat tentang pentingnya doa bagi umat Islam. 

"Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina'," (QS. Al-Mu'min [40]: 60).

Itulah sejumah alasan, kenapa doa menjadi elemen penting dalam Islam dan ternyata memiliki efek psikologis bagi orang yang gemar berdoa tersebut. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x